PANTAI BATU HIU
Oleh Teddy sonjayaSelasa, 13 Agustus 2013 07:57 WIB | Dibaca 10.674 kali
PANTAI BATU HIU
Sebuah pantai dengan tebing cukup terjal yang memiliki pemandangan lepas kearah samudra hindia. Batu hiu berjarak sekitar 14 km dari pangandaran sebagai objek wisata pilihan ketika anda datang ke Pangandaran 
SEJARAH 
"Batu hiu merupakan peninggalan cerita rakyat Sembah Genter Oder, Sembah Galuh Oder, dan Sembah Galunggung Kuning.
Di Pantai Batu Hiu yang teletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pangandaran - Jawa Barat ini terdapat batu besar berwarna hitam menyerupai ikan hiu yang sedang berenang pada saat laut pasang. Berawal dari pertanyaan Sembah Galuh Oder atas hasil tangkapannya kepada Galunggung Kuning. Kulit ikan yang keras tanpa sisil dan berwarna kehitaman secara mendadak berubah menjadi batu saat Galunggung Kuning menjawab "Ikan Hiu".

Dilihat dari segi ilmiah, pembentukan batu hingga membentuk seperti moncong ikan hiu ini diakibatkan bukit karang yang sering tergerus ombak. Menikmati liburan di pantai batu hiu dengan mengenal legenda daerah setempat, Hard Rockers akan menemukan keunikan lainnya. ‘Pohon tanpa nama banyak tumbuh di pantai batu hiu. Pohon dengan akar besar dan daun yang menyerupai palem ini semakin menambah pesona laut lepas dan ombak yang indah. Disini juga bisa memancing dari atas tebing lho. Pemandangan yang indah apalagi saat sunset.

CERITA LAIN BATU HIU dengan peninggalannya masih bisa disaksikan berupa batu besar berwarna hitam mirip ikan hiu yang sedang berenang jika laut sedang pasang.

Tempat yang acapkali diziarahi bagi mereka yang ingin menjadi sinden (penyanyi) beken atau penabuh gamelan kesohor itu berawal dari cerita rakyat Sembah Genter Oder, Sembah Galuh Oder dan Sembah Galunggung Kuning. Sembah Galunggung Kuning diminta bantuan menangkap ikan untuk lawuh makan mereka bersama lebih dari 60 anggota pasukannya.

Namun, sebelum hasil tangkapannya dimasak, Sembah Galuh Oder menanyakan jenis ikan hasil tangkapan Sembah Galunggung Kuning. Namun, ikan dengan kulit keras tanpa sisik berwarna kehitaman itu mendadak berubah menjadi batu tatkala Sembah Galunggung Kuning menjawabnya: "Ikan Hiu". Sejak itu masyarakat menjuluki pantai di daerah itu Pantai Batuhiu.

Batu Hiu berupa bukit karang yang tergerus oleh ombak dan membentuk seperti moncong ikan hiu. Uniknya di situ banyak tumbuh pohon yang entah apa namanya, akarnya besar spt pohon bakau dan daunnya seperti daun palem. Di pinggir tebing kita dapat memandang pemandangan lepas laut selatan dan ombak besar tepat di bawah kita. Yang suka memancing dapat juga memancing dari atas tebing. Jika sunset pasti suasananya bagus sekali di situ.

Untuk mencapai Batu Hiu bisa start dari Pangandaran, menempuh sekitar 15 km menuju arah Barat (ikuti arah Cijulang), atau ambil shortcut dari Banjar langsung menuju selatan, ke kota Parigi

Ada bus tranfortasi sangat mudah:*

 *Tasik - Cijulang, 

*Jakarta (kp Rambutan/lb Bulus-Pangandaran.

* Bandung Pangandaran 

*Jogja -Pangandaran

*Semarang-Banjar naik ke Pangandaran

PESAWAT Susi Air dari Jakarta/Bandung langsung Pangandaran(bandara Nusawiru)

. sudah tidak jauh lagi, sekitar 10 menit perjalanan. Jalannya mulus dan ada 2 pom bensin di sekitar Parigi.

Ada warung-watung/kedai Restoran penjual makanan dan penginapan di Batu Hiu tersedia. Sekitar Batu Hiu ada juga perkampungan penduduk dan lokasi pembibitan udang dan tempat Penakaran Penyu Hijau yang langka dg jalan tanah menyusuri pantai yg cukup menarik ditempuh dg 4WD.. .akses bisa oofroad jalur sungguh pemandangan yang cukup membuat berdecak mengagumkan,kita bisa mulai jalan dari garut selatan-legok-cimerak sd pangandaran langsung banjar ciamis sd bandung sekarang bisa langsung,begitupun jalur tengah tp lewat selatan,tasik cikatomas csindangsari cimerak cijulang,pangandaran di tempuh hanya 1.5 jam nah silahkan coba.

Untuk penginapan bisa cari sekitar Cijulang,dan batu hiu harga di jamin tidak akan menguras kantong alias murah karena tidak jauh dari Green Canyon, atau sekalian di Pangandaran saja karena waktu tempuh hanya sekitar 45 menit.

 


KirimKirim Print PDFPDF ArsipArsip RSSRSS

comments powered by Disqus
Informasi Penginapan
Sinar Rahayu 2
Sinar Rahayu 2
Hotel Sinar Rahayu 2 terletak 100M dari tempat parkir pasar wisata pangandaran,bisa di akses melalui gerbang wisata pintu timur pangandaran.jika anda melalui gerbang wisata pintu barat atau pintu tol anda bisa mengambil arah kanan menuju pasar wisata pangandaran.
Lihat Informasi Hotel

Sami Bakti
Sami Bakti
Berada di Jl. Pantai Barat -Bulak Laut Pangandaran tepatnya di belakang Pondok Seni Pangandaran,sekitar 100M menuju pantai Pangandaran.
Lihat Informasi Hotel