Berita Pangandaran

Rakor TPID se Priangan Timur

Kamis, 03 Juli 2014 13:25 WIB Redaksi 508
Rakor TPID se Priangan Timur

Pangandaran - Rapat kordinasi tim pengendalian inflansi daerah (TPID) se Priangan Timur bertemakan Peningkatan kordinasi,kerjasama dan sinergi TPID se Priangan Timur dalam mengantisifasi lonjakan Permintaan dan harga dibulan ramadhan juga hari raya idul fitri 1435 H dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia,Penjabat Bupati Pangandaran,Wakil Walikota Tasikmalaya,Wakil Bupati Ciamis juga perwakilan dari Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Banjar bertempat di aula hotel the Arnawa Pangandaran.Jumat,(13/6/2014).
Endjang dalam sambutannya sekaligus membuka rapat bahwa dirinya mengharapkan dengan rapat kordinasi, masyarakat agar mendapatkan hikmah yang sangat bermanfaat.
"Fokus utama terpantaunya harga jual beli di pasaran,pentingnya pengendalian inflansi dan menjaga iklim dan situasi ekonomi,inflansi stabil untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan dalam hal ini perlu kerjasama dengan semua pihak,"ungkapnya.
Menurutnya diwajibkan disetiap daerah untuk membentuk TPID,pada kesempatan ini sangat berterima kasih atas persiapan menghadapi lonjakan harga pada bulan ramadhan dan lebaran.
"Diharapkan hasil rumusan rapat kordinasi ini bisa dipedomani bersama,"tutur Endjang
Kepala Perwakilan Bank Indonesia cabang Tasikmalaya Wahyu Purnama mengatakan Inpeksi pasar dan kunjungan ke pusat sentra produksi, terutama untuk komoditi pokok menjadi salah satu langkah yang perlu dilakukan dalam waktu dekat,Terutama menjelang memasuki Bulan Ramadan dan Idulfitri 1435.
"Ini perlu dilakukan, terkait persiapan strategi aksi TPID menghadapi lonjakan permintaan dan harga menjelang Bulan Ramadan dan Idulfitri 1435 Hijriah," katanya.
Selanjutnya Wahyu mengatakan untuk menghadapi Bulan Ramadan harga identik mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Dengan begitu, perlu membentuk komitmen kepala daerah untuk menjaga kestabilan harga dan ketersediaan barang sandang pangan, juga antisipasi lonjakan permintaan dan harga.
"Hal yang perlu dilakukan adalah mempercepat penyediaan data dan informasi neraca pangan oleh masing-masing daerah secara berkesinambungan untuk menjadi bahan,"tutur Wahyu.
Selanjutnya pada acara tersebut juga dilakukan penandatangan kesepakatan TPID yang diikuti oleh para perwakilan dari Kabupaten dan Kota Tasikmalaya,Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran,Penandatanganan Rekomendasi bersama dihadiri Asisten Bidang Ekonomi Kabupaten Tasikmalaya Cece Suryaman. Kemudian Wakil Wali Kota Tasikmalaya Dede Sudrajat, lalu Wakil Bupati Ciamis Jeje Wiradinata, dan Sekertaris Daerah Kota Banjar Fenny Fahrudin.



Scroll to Top