Berita Pangandaran

LOGO PEMERINTAH KABUPATEN PANGANDARAN

Minggu, 13 September 2015 00:30 WIB Redaksi 559
LOGO PEMERINTAH KABUPATEN PANGANDARAN

Pada logo kabupaten pangandaran terdapat beberapa Unsur gambar yang mempunyai makna yang sangat penting yang mengandung cita-cita, identitas dan tujuan yang ingin dicapai oleh Kabupaten Pangandaran. Berikut penjelasan logo secara lengkapnya :
1. Perisai
Perisai dengan warna dasar biru melambangkan kedamaian, ketentraman dan kesejahteraan yang merupakan keinginan atau tujuan utama masyarakan pangandaran.
2. Bintang
Bintang berwarna kuning melambangkan keyakinan yang tinggi masyarakat kabupaten pangandaran terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
3. Kujang
Kujang merupakan simbol dari daerah jawa barat. Kujang merupakan pusaka yang merefleksikan ketajaman dan daya kritis dalam kehidupan juga melambangkan kekuatan dan keberanian untuk melindungi hak dan kebenaran. Terdapat 5 (lima) lubang yang melambangkan dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila. Unsur warna yang terdapat pada kujang yaitu kuning merah dan hitam yang melambangkan ketentraman, keberanian dan kemakmuran
4. Padi Dan Kapas (di hilangkan)
Simbol padi melambangkan terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat Kabupaten Pangandaran, simbol kapas melambangkan kesejahteraan sandang dan papan.
5. Pohon Kelapa
Pohon Kelapa melambangkan sumber daya alam di Kabupaten Pangandaran, yaitu tanaman yang memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi dan semua bagian phonnya yang memiliki manfaat.
6. Gunung
Melambangkan sebagian wilayah kabupaten pangandaran terdiri dari pegunungan dengan warna hijau melambangkan kesuburan tanah, sehingga berbagai tanaman tropis tumbuh dengan baik diseluruh kawasan Kabupaten Pangandaran.
7. Pondasi
Pondasi berjumlah 10 (sepuluh buah) melambangkan dasar kekuatan berdirinya Kabupaten Pangandaran
8. Gelombang
9. Bunga Berkelopak Raflesia
Bunga berkelopak 5 (tujuh) berwarna merah melambangkan keabadian dan keadilan yang merata berdasarkan Pancasila sebagai cita-cita bersama.
10. Motto "Jaya Karsa Makarya Praja"
Jaya adalah kemenangan atau keunggulan, Karsa adalah ide-ide atau daya cipta yang selalu unggul dan sukses dalam pembangunan, Makarya adalah mendirikan, membangun, mengerjakan hasil pekerjaannya indah dan megah dan Praja adalah negara atau negeri dan pemerintahan yang kuat, tegar dan tangguh.
Sehingga makna dari Jaya Karsa Makarya Praja adalah bahwa pembangunan Kabupaten Pangandaran lahir dari ide-ide dan aspirasi masyarakat Kabupaten Pangandaran



Scroll to Top