Informasi Wisata

Jembatan Cikacepit Aset Wisata Sejarah

Jum'at, 23 Mei 2014 09:23 WIB Redaksi 558
Jembatan Cikacepit Aset Wisata Sejarah

KALIPUCANG,(KP).-
Jembatan Cikacepit merupakan Jembatan kereta api yang memiliki panjang 1250 M dengan Tinggi 100 M, yang berada di Desa Pamotan, Kali­pucang, Ciamis yang legendaris. Namun sayang akibat kurangnya perhatian pemerintah daerah, jembatan cikacepit ini tak terawat, padahal jembatan panjang ini bisa di jadikan aset wisata sejarah yang ada di Kabupaten Pa­ngan­daran.
Saat Kabar Priangan menda­tangi lokasi jembatan Cika­cepit, sejumlah orang dari luar daerah, salah satunya Rendy dari Lampung yang sedang menikmati keindahan jembatan tersebut. Bagi Rendy, pemandangan jembatan Cika­cepit cukup menakjubkan, mes­ki tidak ada sentuhan apapun dari sumber daya alam ini.
"Jembatan Cikacepit sangat kurang diperhatikan oleh Pemerintah setempat juga Pemerintah Daerah. Jembatan ini sangat potensi bila dibuka untuk tempat wisata. Toh belum tersentuh saja sudah indah, apalagi kalau sudah ada sentuhan di sana-sana, misal ada rest area atau apalah penunjang objek wisata lainnya," ungkap Randy.
Bagi Rendy yang kebetulan sedang berlibur ke saudaranya di Desa Pamotan menambahkan, sudah sepantasnya potensi wisata yang belum tersentuh ini dikelola oleh pemerintah setempat. Karena selain bisa menjadi daya tarik daerah, tentunya akan menggeliatkan perekonomian masyarakat setempat.
"Memang benar Pak, bila dikelola dengan baik, ini akan menyumbangkan PAD bagi pemerintah setempat. Dampak lebih besarnya lagi, masya­rakat di sini bisa berjualan karena banyak pengunjung yang datang. Dengan demi­kian, ini bisa meningkatkan derajat hidup masyarakat setempat. Jadi, tinggal ada kemauan atau tidak saja dari pemerintah,"ujarnya lagi.
Firman (43) warga setempat sangat mendukung dengan dipeliharanya kembali jembatan cikacepit dijadikan tempat wisata daerah karena merupakan sama dengan meles­tarikan pennggalan sejarah.
"Saya sangat mendukung bila peninggalan sejarah ini di jadikan lokasi wisata, apa lagi ada terowongan wihel­mi­na,"ka­ta Firman.(Jer)***
Sumber HU Kabar Priangan



Scroll to Top