Informasi Wisata

Aktivitas Desa Wisata Margacinta

Senin, 11 April 2016 13:11 WIB Redaksi 736
Aktivitas Desa Wisata Margacinta

Aktivitas Desa Wisata Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran

Cijulang, 14/04/2016 Oleh Asep Kartiwa

Sekilas Informasi tentang Desa Wisata Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Desa Margacinta merupakan salah satu Desa dari 93 Desa yang ada di Kabupaten Pangandaran. Desa Margacinta memiliki 7 Dusun.

Sebuah Dusun yang terletak didaerah perbukitan yang berjarak kurang lebih 7 kilometer dari pusat Desa margacinta. Dusun Margajaya berbatasan dengan  Margacinta dengan  Desa Kertayasa, Desa Cibanten, dan Desa Cimindi. Dusun Margajaaya berada paling ujung dan masih hijau dengan nuansa alam pedesaan. Dari dusun itulah Seni Badud tersebut berasal.

Kesenian Badud lahir dan berkembang dari Dusun Margajaya, yang pada awalnya merupakan pemekaran dari Dusun Cidawung.  Seni Badud yang lahir pada tahun 1868 diciptakan oleh tokoh petani saat itu  yang bernama Ki Ijot dan Ki Ardasim. Konon kesenian tersebut biasanya disajikan oleh masyarakat desa setiap menjelang panen tiba.

Di Dusun Margajaya terdapat padepokan Seni Badud dimana biasa di gelar upacara mamarung Badud.

Body rafting merupakan sebuah olah raga air yang mulai populer di bidang Pariwisata di Indonesia khususnya. Lokasi Rafting adalah di Dusun Pangancraan Desa Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Body rafting di ODTW alam Desa Wisata Margacinta ini dilakukan di sebuah aliran sungai Cijulang yang mempunyai jeram dengan eksotisme dan pemadangan alam yang masih alami. Aliran sungai Cijulang yang merupakan aliran terusan Sungai Ciwayang menuju Green Canyon, memiliki relief tebing dan air terjun yang sangat indah. Dipandu oleh para pemandu terlatih yang sangat menguasai medan. Rafting berdurasi waktu 2-3 jam atau 3-4 jam. Diakhir perjalanan Rafting kita bisa menikmati makan siang dengan makanan khas Pangancraan yakni “Nasi Jolem”.

Jembatan Gantung Pongpet sebuah jembatan penghubung Desa Margajaya dengan Dsn. Lainya di Desa Margacinta. Jembatan ini memiliki nilai sejarah dan nilai mistis yang sangat unik.

Sircuit Metro Jaya wisatawan bisa menikmati sarana Trail Adventure Circuit. Kita juga bisa berwisata tarabas di seputar wilayah Desa Margacinta.

Saung Angklung Mang Koko merupakan pengrajin angklung dan tempat latihan anak-anak sekolah untuk regenarasi seni Badud dan seni Angklung. Terdapat Angklung Toel hasil modifikasi dari angklung biasa.

Wisata edukasi Manggrove berdurasi 2 jam mengajak anda untuk mengetahui lebih banyak tentang kawasan dan tanaman manggrove serta fauna di kawasan manggrove. Dengan menyusuri sungai Cijalu Hilir wisatawan bisa menikmati aktivitas nelayan dan pemandangan yang eksotis. Pagi Hari bisa menikmati Sunrise  dan sore hari Sunset di Bojangsalawe Lagoon. 



Scroll to Top