Informasi Wisata
Aktivitas Desa Wisata Margacinta

Aktivitas Desa Wisata Margacinta

Oleh | Senin, 11 April 2016 13:11 WIB | 388 Views | Comments

Aktivitas Desa Wisata Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran

Cijulang, 14/04/2016 Oleh Asep Kartiwa

Sekilas Informasi tentang Desa Wisata Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Desa Margacinta merupakan salah satu Desa dari 93 Desa yang ada di Kabupaten Pangandaran. Desa Margacinta memiliki 7 Dusun.

Sebuah Dusun yang terletak didaerah perbukitan yang berjarak kurang lebih 7 kilometer dari pusat Desa margacinta. Dusun Margajaya berbatasan dengan  Margacinta dengan  Desa Kertayasa, Desa Cibanten, dan Desa Cimindi. Dusun Margajaaya berada paling ujung dan masih hijau dengan nuansa alam pedesaan. Dari dusun itulah Seni Badud tersebut berasal.

Kesenian Badud lahir dan berkembang dari Dusun Margajaya, yang pada awalnya merupakan pemekaran dari Dusun Cidawung.  Seni Badud yang lahir pada tahun 1868 diciptakan oleh tokoh petani saat itu  yang bernama Ki Ijot dan Ki Ardasim. Konon kesenian tersebut biasanya disajikan oleh masyarakat desa setiap menjelang panen tiba.

Di Dusun Margajaya terdapat padepokan Seni Badud dimana biasa di gelar upacara mamarung Badud.

Body rafting merupakan sebuah olah raga air yang mulai populer di bidang Pariwisata di Indonesia khususnya. Lokasi Rafting adalah di Dusun Pangancraan Desa Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Body rafting di ODTW alam Desa Wisata Margacinta ini dilakukan di sebuah aliran sungai Cijulang yang mempunyai jeram dengan eksotisme dan pemadangan alam yang masih alami. Aliran sungai Cijulang yang merupakan aliran terusan Sungai Ciwayang menuju Green Canyon, memiliki relief tebing dan air terjun yang sangat indah. Dipandu oleh para pemandu terlatih yang sangat menguasai medan. Rafting berdurasi waktu 2-3 jam atau 3-4 jam. Diakhir perjalanan Rafting kita bisa menikmati makan siang dengan makanan khas Pangancraan yakni “Nasi Jolem”.

Jembatan Gantung Pongpet sebuah jembatan penghubung Desa Margajaya dengan Dsn. Lainya di Desa Margacinta. Jembatan ini memiliki nilai sejarah dan nilai mistis yang sangat unik.

Sircuit Metro Jaya wisatawan bisa menikmati sarana Trail Adventure Circuit. Kita juga bisa berwisata tarabas di seputar wilayah Desa Margacinta.

Saung Angklung Mang Koko merupakan pengrajin angklung dan tempat latihan anak-anak sekolah untuk regenarasi seni Badud dan seni Angklung. Terdapat Angklung Toel hasil modifikasi dari angklung biasa.

Wisata edukasi Manggrove berdurasi 2 jam mengajak anda untuk mengetahui lebih banyak tentang kawasan dan tanaman manggrove serta fauna di kawasan manggrove. Dengan menyusuri sungai Cijalu Hilir wisatawan bisa menikmati aktivitas nelayan dan pemandangan yang eksotis. Pagi Hari bisa menikmati Sunrise  dan sore hari Sunset di Bojangsalawe Lagoon. 

PangandaranBeach - Berita Ragam Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan Aktivitas Desa Wisata Margacinta?

Informasi Wisata Lainnya
Napak Tilas Jalur EXTRIME Peninggalan Belanda
Rabu, 22 Juni 2016 04:20 WIB
Napak Tilas Jalur EXTRIME Peninggalan Belanda
Pangandaran merupakan andalan Objek Wisata Provinsi Jawa Barat yang memiliki keindahan pantai dan pesona alam menawan, serta memiliki ragam flora dan fauna sehingga menambah daya tarik wisata.
Pantai Pasir Putih Pangandaran Menghitam akibat tercemar Bahan bakar Kapar MV Viking
Minggu, 19 Juni 2016 09:36 WIB
Pantai Pasir Putih Pangandaran Menghitam akibat tercemar Bahan bakar Kapar MV Viking
Setelah diledakan di atas terumbu karang tepatnya dilokasi wisata pantai Pasir puti, kini aktifitas wisata snorkling wisatawan di Pasir Putih Pangandaran mulai jarang terlihat akibat isi perut kapal seperti oli, solar luber
Kompepar Laksanakan Sertifikasi Pemandu se-Kabupaten Pangandaran di ikuti 600 peserta
Minggu, 05 Juni 2016 19:28 WIB
Kompepar Laksanakan Sertifikasi Pemandu se-Kabupaten Pangandaran di ikuti 600 peserta
30 Mei hingga 2 Juni 2016, Kompepar Pangandaran bekerjasama dengan Badan Nasional Sertfikasi Profesi (BNSP), menyelenggarakan sertifikasi kepemanduan ekowisata se-Kabupaten Pangandaran
OBYEK WISATA PANGANDARAN TETAP MENJADI PRIMADONA
Sabtu, 07 Mei 2016 00:13 WIB
OBYEK WISATA PANGANDARAN TETAP MENJADI PRIMADONA
Keindahan tempat tempat wisata di Kabupaten Pangandaran seperti green Valley citumang,santirah body rafting, cijolang body rafting dan Green Canyon tetap jadi tetap jadi pilihan utama wisatawan di Jawa Barat