Informasi Wisata
Pantai Pasir Putih Pangandaran Menghitam akibat tercemar Bahan bakar Kapar MV Viking

Pantai Pasir Putih Pangandaran Menghitam akibat tercemar Bahan bakar Kapar MV Viking

Oleh | Minggu, 19 Juni 2016 09:36 WIB | 290 Views | Comments

Kapal MV Viking yang merupakan kapal buruan terkait ilegal fishing yang ditangkap di perairan Indonesia, dan dibawa ke Pangandaran untuk di tenggelamkan dan dijadikan monumen perlawanan terhadap ilegal fishing yang tengah di galakkan oleh kementrian kelautan dan perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti pada 14 Maret yang lalu, namun menuai polemik.

Setelah diledakan di atas terumbu karang tepatnya dilokasi wisata pantai Pasir puti, kini aktifitas wisata snorkling wisatawan di Pasir Putih Pangandaran mulai jarang terlihat akibat isi perut kapal seperti oli, solar luber ke laut, dan kini air laut di sekitaran pantai Pasir Putih menghitam karena tercemar dari tumpahan bahan bakar yang masih terkandung di dalam kapal.

Secara otomatis aktifitas wisatawan terhenti dan karang pun hancur karena tergeser badan kapal, biota laut pun mulai sirna , bau bahan bakar yang menyengat dan air yang menghitam dan tidak dapat dipungkiri terumbu karang sekitar lokasi kapal pun akan ikut tercemar.

Kelompok penggerak dan pencinta Pangandaran meyesalkan kejadian ini kepaladaerah harus cepat tanggap,kami saja peduli masa kepaladaerahnya tidak..ujar Edi
Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat angkat bicara soal kasus pencemaran laut Pangandaran yang disebabkan oleh bangkai kapal MV Viking.
Direktur Eksekutif Walhi Jawa Barat Dadan Ramdan berpendapat, peledakan dan pengkandasan kapal raksasa itu di Pesisir Pangandaran sebuah keteledoran.
"Perencanaan dan penangangan tidak komprehensif, kapal itu membawa oli dan bahan bakar. Di tengah laut saja ini bermasalah, apalagi ini di pantai," ujar Dadan

Menurut Dadan, saat ini, tidak ada pilihan lain, kecuali Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyelesaikan masalah MV Viking dengan menyeluruh.
"KKP berkewajiban melakukan penanganan dampak pencemaran dan kerusakan kawasan pesisir yang ditimbulkan. Kerusakan ekosistem, ikan, terumbu karang dan yang lainnya," ujar Dadan.
Lebih jauh, Dadan meminta KKP meninjau kembali kebijakan peledakan kapal. Jika pun itu dilakukan, kata Dadan, harus dipastikan tindakan itu tidak mencemari lingkungan.
Keberadaan kapal MV Viking yang dikandaskan Maret lalu di Perairan Pasir Putih Cagar Alam Pangandaran belakangan santer mendapat protes warga, terutama di media sosial. Warga bahkan membuat petisi agar kapal raksasa tersebut dipindahkan dari Pantai Pangandaran.

PangandaranBeach - Berita Ragam Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan Pantai Pasir Putih Pangandaran Menghitam akibat tercemar Bahan bakar Kapar MV Viking?

Informasi Wisata Lainnya
Napak Tilas Jalur EXTRIME Peninggalan Belanda
Rabu, 22 Juni 2016 04:20 WIB
Napak Tilas Jalur EXTRIME Peninggalan Belanda
Pangandaran merupakan andalan Objek Wisata Provinsi Jawa Barat yang memiliki keindahan pantai dan pesona alam menawan, serta memiliki ragam flora dan fauna sehingga menambah daya tarik wisata.
Kompepar Laksanakan Sertifikasi Pemandu se-Kabupaten Pangandaran di ikuti 600 peserta
Minggu, 05 Juni 2016 19:28 WIB
Kompepar Laksanakan Sertifikasi Pemandu se-Kabupaten Pangandaran di ikuti 600 peserta
30 Mei hingga 2 Juni 2016, Kompepar Pangandaran bekerjasama dengan Badan Nasional Sertfikasi Profesi (BNSP), menyelenggarakan sertifikasi kepemanduan ekowisata se-Kabupaten Pangandaran
OBYEK WISATA PANGANDARAN TETAP MENJADI PRIMADONA
Sabtu, 07 Mei 2016 00:13 WIB
OBYEK WISATA PANGANDARAN TETAP MENJADI PRIMADONA
Keindahan tempat tempat wisata di Kabupaten Pangandaran seperti green Valley citumang,santirah body rafting, cijolang body rafting dan Green Canyon tetap jadi tetap jadi pilihan utama wisatawan di Jawa Barat
Aktivitas Desa Wisata Margacinta
Senin, 11 April 2016 13:11 WIB
Aktivitas Desa Wisata Margacinta
Desa Wisata Margacinta Kab. Pangandaran Memilki Segudang Seniman dan Alam yang Mempesona.