Ragam

Mengapresiasi Teknologi

Jum'at, 14 September 2012 11:00 WIB Redaksi 513
Mengapresiasi Teknologi

Teknologi merupakan sarana manusia untuk mencapai hajat hidupnya. Karena itu semua manusia baik yang primitif maupun yang modern memiliki sarana teknologi, mulai yang sederhana hingga yang paling canggih. Teknologi sebagaimana ilmu pengetahuan berkembang secara akumulatif, tidak ada loncatan tidak ada jalan pintas, semuanya berkembang melalui proses evolusi yang sangat panjang dalam menapaki tangga sejarah manusia. Perkembangan teknologi selalu inheren dalam kebudayaan manusia.

Bagaimanapun canggihnya teknologi tetaplah sebagai alat, karena itu harus dijadikan alat, jangan sampai manusia diperalat teknologi. Teknologi bukanlah dewa karena itu jangan didewakan. Teknologi merupakan sarana, maka jangan sampai dijadikan sebagai tujuan. Kalaupun menerapkan semata berdasarkan kebutuhan bukan sebagai kebanggaan dan gagah-gagahan. Teknologi merupakan karya manusia untuk memfasilitasi kebutuhan hidupnya. Karena itu teknologi perlu dikuasai agar kita tidak dikuasasi oleh teknologi.

"Verdana">Pada abad ke-7 Nusantara telah memiliki teknologi tinggi ilmu arsitektur telah melahirkan berbagai candi besar, bahkan Raja Sanjaya dari Mataram Kuno telah mengembangkan astronomi dan system administrasi negara yang sempurna. Majapahit dan Demak telah mengembangkan teknologi kelautan canggih. Sultan Agung Mataram baru berusaha memadukan kalender Saka Jawa dengan kalender Hijriyah Islam. Langkah itu terus dikembangkan para ulama, pujanga sesudahnya. Dari warisan peradaban itu maka saat ini banyak masyarakat adat komunitas pesantren yang masih mengembangkan teknologi bidang metalurgi, botani, astronomi beserta teknologi observasi. Melihat kenyataan itu maka kita tidak perlu terpukau melihat perkembangan teknologi belakangan ini. 

Teknologi yang canggih itu perlu kita apresiai, dengan apresiai semacam itulah NU membangun teknologi informasi dalam bentuk NU Online ini sebagai sarana pengembangan organisasi. Tidak ada sesuatu yang istimewa, karena sudah merupakan kelaziman zaman ini. Sebagai bentuk sebuah kebutuhan dan seandainya tidak menggunakan dengan kesadaran maka juga tidak bisa dibilang sebagai ketertinggalan, ini murni sebuah pilihan. Pilihan teknologi NU ini ternyata membawa beberapa manfaat dan reletif kecil madlorotnya, sehingga layak untuk terus dikembangkan.

Pembukaan rubrik ilmu pengetahuan dan teknologi ini dilakukan sebagai respon atas tuntutan berbagai pihak, baik dari komunitas pengguna internet yang tersebar di seluruh tanah air, yang ingin terus mengembangkan kemampuannya di bidang teknologi informasi. Bahkan belakangan ini kalangan ahli falak yang berkembang luas di lingkungan NU memang sebuah lembaga yang sangat membutuhkan perangkat teknologi, maka penggunaan NU Online sebagai media komunikasi tentang masalah ilmu pengetahuan dan  teknologi menjadi  sangat penting.

Akhirnya partisipasi semua pihak dalam mengaktifkan rubrik ini sangat kami butuhkan, agar informasi yang disajikan terus segar selalu relevan dan menggugah pikiran masyarakat tentang pentingnya mengepresiasi dan menguasai teknologi. Bagaimanapun penguasaan teknologi ini sangat berguna bagai kehidupan bermasyarakat, berekonomi dan beragama. Selamat mengikuti. (Mun’im DZ)



Scroll to Top