Ragam

Penangkaran Penyu Hijau atau Tukik pantai Batu Hiu

Jum'at, 21 September 2012 11:33 WIB Redaksi 538
Penangkaran Penyu Hijau atau Tukik pantai Batu Hiu

     Kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) Biota Laut Desa Ciliang Kecamatan Parigi membentuk sebuah kelompok Penangkaran Penyu Yang bertempat di pantai wisata Batu Hiu dengan diprakarsai oleh pak Didin. S sebagai ketuanya.
  Rasa antusiasme dan kepedulian Pak Didin beserta anggotanya terhadap lingkungan hidup terutama bagi kelangsungan hidup Biota Laut telah digelutinya sejak dulu terutama bagi Habitat yang satu ini yakni satwa laut yang bernama Penyu Hijau (chelonia mydas) yang kehidupaannya sudah terancam diambang kepunahan disebabkan oleh tangan - tangan manusia sendiri. Mereka menangkap penyu - penyu tersebut untuk diperdagangkan bahkan sebagaian hanya dijadikan peliharaan semata karena primata yang satu ini cukup terbilang satwa unik dan langka ditemui oleh masyarakat.
  Kegiatan yang edukatif sekaligus rekreatif yang di lakukan Pak Didin bersama kelompoknya ini dianggap telah mendukung program pemerintah. Oleh karena itu kelompok pak didin tidak hanya sekedar mendapatkan pengakuan dari pemerintah saja seperti halnya kelompok -kelompok lain yang juga telah mengcanangkan program penangkaran penyu di daerah pesisir pantai lainnya, Kelompok mereka juga pernah mendapatkann kucuran dana sekali dari pemerintah untuk terus menjalankan program penangkaran penyu hijau tersebut yang berada di wilayah pangandaran tepatnya di pantai wisata Batu hiu ini untuk dijadikan salah satui kegiatan rekreasi wisata atau salah satu icon pariwisata dengan diadakannya acara pelepasan anak penyu hijau ( Tukik ) ke pantai.
  Dorongan moril maupun materil yang berkesinambungan yang di harapkan pak didin bersama kelompoknya kepada pemerintah terkait ataupun kepada pihak investor yang peduli untuk tetap melestarikan kelangsungan biota laut in. Alhasil sebagai salah satu bukti keberhasilan kelompok pak didin yakni  Pada 12 Juli 2012 yang lalu telah melangsungkan Acara pelepasan anak penyu hijau ( tukik ) ke pantai, Acara tersebut cukup menyedot perhatian para wisatawan lokal maupun manca negara, Bahkan dari beberapa media massa cetak maupun elektronik juga telah hadir untuk meliput kegiatan pelepasan tukik hijau ke pantai.
  Di dalam tempat penangkaran penyu hijau ( tukik ) kelompok pak didin kita bisa melihat langsung biota laut yang satu ini, Di sana Terdapat beberapa penyu yang sudah cukup umur dan berbagai jenis bahkan ada juga yang baru ber umur beberapa minggu. Apabila kita singgah ke batu hiu untuk bertamasya bersama keluarga, ada baiknya kita mengunjungi tempat penangkaran penyu kelompok pak didin ini yang jaraknya tidak jauh dari pantai tempat wisata Mungkin hanya beberapa puluh meter saja ke sebelah barat dari tempat parkir. Dengan mengajak anak cucu kita ke tempat tersebut sama halnya kita mewariskan pengetahuan tentang makhluk hidup yang cukup terbilang langka ini, Pastinya akan menjadi pengalaman bahkan pembelajaran yang cukup berharga dan mengasikkan bagi mereka.



Scroll to Top