Ragam
Daun kelor ternyata Obat Kuat

Daun kelor ternyata Obat Kuat

Oleh | Jum'at, 29 Januari 2016 19:23 WIB | 716 Views | Comments

Kelor juga disebut sebagai Moringa oleifera dan merupakan tumbuhan dari jenis suku Moringaceae. Daunnya berbentuk bulat lonjong dan ukurannya yang kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai, biasanya dimasak sebagai sayur untuk pengobatan dan menjaga kesehatan, dan tumbuhan ini juga memiliki tinggi batang sekitar 7 sampai 11 meter, memiliki bunga dengan warna putih kekuning-kuningan yang mengeluarkan bau dengan aroma bau semerbak, serta memiliki buah dengan bentuk segitiga memanjang biasa nya di sebut kelentang dan biasanya juga bisa dimasak sebagai sayur.
Penelitian pada manfaat daun kelor dimulai dari daunnya, lalu kulit batang, buah dan bijinya, telah dimulai sejak tahun 1980, negara yang tradisi penduduknya menanam pohon kelor adalah somalia, etiopoa, sudan, karena pohon kelor merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari sebagai sayuran dan berfungsi untuk menjaga kesehatan, dan juga hasil dari tanaman ini di perjual belikan. Kegunaan lain dari daun kelor yaitu untuk menjaga tanah agar tidak longsor, air hujan dapat di tahan oleh sistem akar tumbuhan kelor yang sangat rapat, hal ini telah digunakan di kawasan Konso dan juga Arba Minch, juga digunakan sebagai konservasi tanah, terasering. dan ketika musim kemarau datang, akar disekitar pohon kelor yang menyimpan air akan menjadi sumber air bagi tanaman lainnya. baca juga manfaat daun sirsak.
Organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan bagi anak-anak dan bayi yang masih didalam masa pertumbuhan untuk mengkonsumsi ini karena manfaat daun kelor sangat baik, karena ternyata mengandung :
• Diketahui bahwa mengandung Potasium Tiga kali lipat dari pada pisang.
• Juga mengandung Kalsium Empat kali lipat lebih banyak daripada susu.
• Dan juga di ketahui memiliki Vitamin C Tujuh kali lipat daripada jeruk.
• Mengandung Vitamin A Empat kali lipat lebih banyak dari pada wortel.
• Juga memiliki Dua kali lipat protein dari pada susu.
Organisasi inilah yang menobatkan pohon kelor sebagai miracle tree setelah melakukan penelitian dan mengetahui manfaat daun kelor lah yang berjasa sebagai penjaga kesehatan yang bisa didapatkan dengan harga murah selama 40 tahun pada negara-negara termiskin di dunia ini. dan berikut Khasiat daun kelor.
Kelor merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman ini banyak tumbuh didataran rendah maupun dataran tinggi. Biji buahnya biasa dimanfaatkan oleh warga desa sebagai bahan untuk pelengkap sayur asam. Pohon ini memiliki daun menjari dan berbentuk bulat.
Manfaat Daun Kelor
Meski belum banyak orang yang mengenalnya secara utuh, namun khasiat yang terdapat didalamnya sudah terbukti ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. Apa saja kasiat daun kelor bagi manusia? Berikut akan saya ulas mengenai manfaat daun kelor.
Mengobati Sariawan
Daun kelor merupakan salah satu jenis daun yang kaya akan kandungan vitamin C. Seperti yang kita ketahui, vitamin C merupakan vitamin yan sangat ampuh dalam menangani masalah yang berkaitan dengan kesehatan mulut dan tubuh. Karena itulah, daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai obat sariawan dengan cara mengolahnya menjadi sayur untuk lauk makan.
Menjaga Kesehatan Otak
Daun kelor kaya akan kandungan potasium. Menurut penelitian, potasium merupakan zat yang mampu memelihara kesehatan otak dan saraf sehingga keadaan keduanya dapat dikontrol kesehatannya. karena itulah, bagi anda yang ingin menjaga kesehatan saraf dan otak konsumsilah daun kelor entah dalam bentuk sayur atau dalam bentuk olahan makanan yang lain.
Menjaga Kesehatan Mata
Daun kelor merupakan satu diantara banyak sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Kandungan inilah yang membuat daun kelor sangat ampuh dalam pencegahan penyakit mata. Bahkan, vitamin A dalam daun kelor juga mampu mencegah penyakit lain seperti penyakit kulit, gangguan pencernaan, penyakit jantung dan lain-lain.
Mencegah Osteoporosis
Kelor adalah tanaman dengan daun yang memiliki banyak kalsium. Kalsium inilah yang kemudian akan membuat tulang menjadi kuat dan mencegah terjadinya keropos tulang. Bahkan penelitian menyebtkan bahwa kalsium yang terkandung dalam daun kelor jumlahnya lebih banyak dibanding kalsium yang ada pada susu. Selain sebagai penguat tulang, dinegara-negara lain seperti Afrika dan India biasa memanfaatkan daun kelor sebagai obat diabetes dan mengobati tekanan darah tinggi.
Mengatasi Pegal Linu
Manfaat daun kelor yang keempat adalah sebagai obat untuk mengatasi pegal linu. Dalam daun kelor, terdapat kandungan bernama pterigospermin yang bermanfaat sebagai penghangat. Rasa hangat inilah yang kemudian akan membuat otot tubuh menjadi rileks.
Cara pengobatan pegal linu dengan daun kelor ini dapat anda lakukan dengan cara menghaluskannya kemudian membalutkannya diatas kulit bagian tubuh anda yang terasa pegal. Diamkan agar kandungan dalam daun kelor meresap. Tandanya adalah ketika anda sudah mulai merasa hangat. Jika sudah begitu, nikmati terlebih dahulu kemudian anda dapat membersihkannya setelah setengah atau satu jam setelah daun tadi bereaksi.
Mengatasi Kulit Kering
Daun kelor adalah daun yang banyak mengandung vitamin B2. Vitamin B2 merupakan vitamin yang mampu menjaga kelembapan kulit. Karena itulah, orang yang kekurangan vitamin B2 kulitnya akan kering bahkan hingga pecah-pecah. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya anda mulai mencoba membiasakan diri mengkonsumsi olahan dari daun kelor secara rutin.
Demikian ulasan mengenai manfaat daun kelor. Semoga dapat menjadi referensi obat kesehatan bagi anda. Selain bermanfaat bagi kesehatan, daun kelor juga memiliki rasa yang lezat dan nikmat//saur.com//carasehat.com

PangandaranBeach - Berita Ragam Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan Daun kelor ternyata Obat Kuat?

Ragam Lainnya
Berat Sekali, Berapa  kiranya Harga Emas yang Terpasang di Pucuk Monas
Jum'at, 27 Januari 2023 20:29 WIB
Berat Sekali, Berapa kiranya Harga Emas yang Terpasang di Pucuk Monas
Tugu Monas sendiri memang Mempunyai Poly kisah yang menarik dalam proses pembangunannya. Mulai dari pemasangan tiang pancang hingga pemasangan emas raksasa yang berada di puncak.
Serunya Main  Berbarengan Dinosaurus di Dinoland Garut Jawa Barat
Senin, 23 Januari 2023 20:13 WIB
Serunya Main Berbarengan Dinosaurus di Dinoland Garut Jawa Barat
Garut Dinoland merupakan Sarana wisata di Garut yang mengusung tema Fauna purbakala.Ada Poly Rupa Sarana dan permainan yang Eksis di Garut Dinoland, diantaranya Dinosaurus, Playground, Spot Foto, Zona photobooth, foodcourt, dino show dan Tetap Poly yang lainnya.
Inilah Usulan  Dana Haji Dari Tahun 2017-2023, Naik Signifikan
Minggu, 22 Januari 2023 00:04 WIB
Inilah Usulan Dana Haji Dari Tahun 2017-2023, Naik Signifikan
Ongkos naik haji atau ONH baru-baru ini ramai diperbincangkan mengingat naik secara signifikan dari tahun sebelumnya, Yakni menjadi Rp. 69.193.733. Kemudian bagaimana Komparasi dari tahun 2017?
Bagaimana  Langkah Menghasilkan 1 Juta Rupiah Dari Blog Tanpa Adsense
Sabtu, 21 Januari 2023 06:28 WIB
Bagaimana Langkah Menghasilkan 1 Juta Rupiah Dari Blog Tanpa Adsense
Ingatlah bahwa Buat menghasilkan duit dari blog, Kamu harus Mempunyai audiens yang cukup Akbar dan engaged. Kamu juga harus menemukan Langkah Buat Menaikkan traffic ke blog Anda.