Ragam

Mengenal Teknologi SMS yang Katanya Teknologi Jadul

Jum'at, 30 Desember 2022 19:56 WIB Redaksi 186
Mengenal Teknologi SMS yang Katanya Teknologi Jadul

SMS merupakan singkatan dari Short Message Service, yang merupakan salah satu fitur pada telepon seluler yang memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima pesan teks singkat melalui jaringan seluler. SMS biasanya terbatas hanya untuk teks, namun beberapa jenis telepon seluler juga memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima gambar, audio, dan file lainnya melalui pesan SMS. SMS sangat populer karena mudah digunakan dan dapat menjangkau orang yang tidak terhubung ke internet atau tidak memiliki akses ke aplikasi pesan lainnya.

Kapan SMS Ditemukan?

SMS pertama kali dikembangkan pada tahun 1984 oleh kelompok teknisi di Jerman yang bekerja untuk Deutschen Telekom, operator telekomunikasi terbesar di Jerman. ketika itu, SMS dirancang sebagai cara untuk mengirim pesan teks singkat melalui jaringan seluler tanpa mengganggu jalur yang digunakan untuk panggilan suara. SMS pertama kali diluncurkan untuk publik pada tahun 1992, dan mulai menjadi populer di seluruh dunia pada awal tahun 2000-an.

Keunggulan SMS

Ada beberapa keunggulan yang memproduksi SMS sangat populer:

  1. Mudah digunakan: SMS hanya memerlukan telepon seluler dan koneksi jaringan seluler yang tersedia di hampir semua wilayah di dunia. Anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan atau terhubung ke internet untuk menggunakan SMS.

  2. Dapat menjangkau orang yang tidak terhubung ke internet: SMS dapat dikirim dan diterima oleh orang yang tidak terhubung ke internet atau tidak memiliki akses ke aplikasi pesan lainnya. Ini bermanfaat bagi orang yang tinggal di area yang tidak memiliki akses ke internet yang stabil atau bagi mereka yang tidak memiliki perangkat yang cocok untuk menggunakan aplikasi pesan lainnya.

  3. Cepat: SMS biasanya dikirim dan diterima dengan cepat, terutama jika dikirim dan diterima di area yang memiliki sinyal jaringan seluler yang kuat.

  4. Gratis atau murah: SMS biasanya tidak dikenakan biaya atau hanya dikenakan biaya yang sangat rendah, tergantung pada operator seluler yang Anda gunakan.

  5. Aman: SMS biasanya lebih aman daripada aplikasi pesan lainnya karena tidak memerlukan koneksi internet yang terbuka. Ini memproduksi SMS lebih sulit untuk disadap atau dibajak.



Scroll to Top