JAKARTA - Berbagai peristiwa politik terjadi di Indonesia pada hari Kamis (25/4), mulai dari Partai Nasdem yang bergabung dengan koalisi besar untuk mendukung pemerintahan Prabowo, hingga RB Mempang dan Menteri PAN-RB yang membahas perkembangan skenario pengalihan ASN ke IKN.

Di bawah ini adalah lima berita politik yang menarik.

1. Presiden Jokowi mendukung inisiatif Prabowo Gibran untuk merangkul semua komponen

2. Presiden Joko Widodo mendukung Pilpres 2024 untuk merangkul semua komponen bangsa demi mewujudkan Indonesia yang berkemajuan


3. Presiden Joko Widodo mendukung pemilihan presiden dan wakil presiden 2024 untuk mewujudkan Indonesia yang berkemajuan
4. Presiden Joko Widodo mendukung pemilihan presiden dan wakil presiden 2024 untuk mewujudkan Indonesia yang berkemajuan
16 pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk mendukung inisiatif tersebut. Asisten Khusus Presiden Ali Dwipayana mengatakan hal itu menanggapi pertemuan Prabowo - Gibran dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (24/4) malam.

Read more.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh berjanji untuk membantu pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabumin Raka dengan masuk ke dalam koalisi besar. "Kesempatan, dorongan, keinginan, semangat ajakan, untuk bersama pemerintah, saya kira lebih baik. Itu pilihan saya dan pilihan Nasdem," kata Surya Paloh saat bertemu dengan Prabowo Subianto di Kartanegara VI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada hari Kamis.

Read more.
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwal Anas bertemu dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk membahas berbagai perkembangan dalam pengembangan skenario pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke ibu kota negara (IKN).

Beberapa topik yang dibahas bersama adalah tunjangan perintis, seleksi ASN, dan pembangunan infrastruktur di IKN.

Untuk informasi lebih lanjut.

4. PKB siap dukung pemerintahan Prabowo-Gibran

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendukung pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabumin Laka sebagai Presiden dan Wakil Presiden yang akan terpilih pada periode 2024-2029. Partai tersebut menyatakan bahwa.

"Saya rasa saya tidak perlu menjawab. Yang jelas kami mendukung Prabowo-Gibran," kata Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dalam sebuah pernyataan pers di kantor DPP PKB di Jalarta pada Kamis malam.

Baca selengkapnya.

5. Mendagri pimpin upacara Hari Otoda ke-28 di Surabaya

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memimpin upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-28 yang diselenggarakan di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, pada hari Kamis. Menurut wartawan setempat, upacara peringatan Hari Otoda ke-28 di Surabaya dimulai pada pukul 07.32 WIB di bawah langit yang mendung; sekitar pukul 07.55 WIB, hujan mulai turun, namun upacara tetap berlangsung.

Bacaan lebih lanjut.