JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta melakukan penyesuaian pola operasi terhadap 12 kereta api yang berangkat dari stasiun Gambir untuk melayani penumpang di stasiun Jatinegara guna mengantisipasi dampak aksi unjuk rasa Hari Buruh besok. "Khusus pada Rabu (5/1), kereta api yang berangkat antara pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB akan berhenti di Stasiun Jatinegara untuk melayani penumpang," kata Manajer Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko. katanya. Dia mengatakan bahwa dalam keadaan normal, kereta api yang berangkat dari stasiun Gambir tidak berhenti di stasiun Jatinegara untuk mengambil penumpang.
Namun, untuk mengantisipasi kemacetan di sekitar stasiun Gambir akibat aksi unjuk rasa, penumpang diberikan pilihan untuk naik dari stasiun Jatinegara.

"Diharapkan dengan pengaturan pola operasi khusus ini, para pelanggan memiliki pilihan untuk berangkat dari Stasiun Jatinegara, sehingga terhindar dari risiko kemacetan yang mungkin ditimbulkan akibat pengalihan arus lalu lintas menuju Stasiun Gambir," kata Ixfan. Sementara itu, untuk jadwal perjalanan, tidak ada perubahan jadwal keberangkatan dari Stasiun Gambir.

Dia juga mengimbau pelanggan KAI untuk menghubungi Contact Center 121 atau akun media sosial KAI 121 untuk informasi lebih lanjut mengenai perjalanan kereta api dan layanan KAI.

Jadwal perjalanan kereta api yang berangkat dari stasiun Gambir pada hari Rabu (5 Jan) dan berhenti di stasiun Jatinegara (kereta api genap) adalah sebagai berikut: