Jakarta-Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf / Kabaparekraf) menyampaikan bahwa minat masyarakat terhadap pariwisata khususnya Jabodetabek pada masa libur long weekend 2024-5-9-12 (long weekend) sangat tinggi. "Saya tentu sangat bersyukur kemarinlibur panjang akhir pekandan semangatnya sangat tinggi," kata Menteri Pariwisata DKI Jakarta Sandiaga, Selasa.

Tingginya minat masyarakat dalam melakukan gerakan ini terlihat dari data yang dirilis PT Jasa Marga pada tahun 2024-5-8-10, ujarnya. Sebanyak 478.761 kendaraan meninggalkan Jabodetavek, meningkat 9,13 persen dibandingkan kondisi normal.

Peningkatan tercatat di 4 pintu gerbang utama: Pintu Tol Cikupa menuju Merak, GT Ciawi menuju PUNCAK, GT Cikampek Utama menuju Trans Jawa, dan GT Kalihurip Utama menuju BANDUNG. Sedangkan untuk destinasi, banyak destinasi wisata populer di Jakarta yang menjadi destinasi utama, antara lain Kebun Binatang Ragnang, Taman Mini Indonesia Inda (TMII) dan Taman Impiangjaya Angkor (Tija).

"Untuk Taman Impian Jaya Ancol, lebih dari 111.000 kunjungan tentu akan menambah pergerakan wisatawan," kata Menparekraf Sandiaga.

Di luar Jabodetabek, destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan adalah destinasi Ciwidey, Lembang, Pangandaran, Kota Tua Semarang, Borobudur, Malioboro di Jawa Barat, dan Dieng di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Menparekraf mengharapkan peningkatan langkah ini dapat memperkuat pencapaian target kinerja pariwisata dan ekonomi kreatif tahun 2024, yakni mencapai pergerakan sebesar 1,2 miliar menjadi 1,5 miliar.