Informasi Wisata
 Wagub Minta Perantau Ciamis Pulang

Wagub Minta Perantau Ciamis Pulang

Oleh | Minggu, 18 November 2012 09:08 WIB | 115 Views | Comments

BEKASI, (PB).- Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf mengajak perantau Ciamis kembali ke daerah asalnya dan memaksimalkan kemampuan serta pengalaman yang dimiliki untuk mengembangkan tanah kelahirannya.

Hal tersebut diyakini Dede akan mampu menjaga perekonomian Ciamis tetap stabil meskipun Pangandaran dalam waktu dekat akan berdiri sebagai daerah mandiri.

Demikian disampaikan Dede dalam sambutannya pada acara pertemuan Keluarga Galuh Bekasi (KGB) di Islamic Center, Kota Bekasi, Sabtu (17/11). "Warga Ciamis harus seperti orang Kuningan yang setelah sukses di perantauan mau kembali untuk mengembangkan daerahnya. Curahkan wawasan, pengalaman, dan kemampuan yang diperoleh selama merantau untuk membangun Ciamis," katanya.

Lebih lanjut Dede mengatakan, saat ini Ciamis hanya memiliki satu jalan utama yang titik hentinya berpusat di Kota Banjar. Tak heran jika kemudian Kota Banjar yang baru berdiri bisa berkembang lebih cepat.

Berpisahnya Pangandaran pun akan berdampak terhadap Ciamis. Sebab sebagian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Ciamis berasal dari sektor pariwisata di sekitar Pangandaran.

"Supaya PAD Ciamis tetap kuat, salah satu caranya ialah keterlibatan para perantau yang kembali untuk mengembangkan daerahnya. Selain itu, tentu saja Ciamis harus kreatif menggali sumber potensi lain yang selama ini belum dimaksimalkan," katanya.

Salah satu potensi tersebut ialah dengan mengembangkan sektor pariwisata di wilayah utara. Selama ini, pariwisata di wilayah utara belum dikembangkan maksimal, sehingga wisatawan terpusat di Pangandaran.

"Padahal pantai di wilayah utara pun tak kalah indah, seperti Panjalu. Astana Gede dapat dijadikan tujuan wisata religi. Atau Desa Karangkamulyan yang dapat dijadikan tujuan wisata agro peternakan," katanya

Menanggapi imbauan tersebut, Ketua KGB Oman Rachman mengaku menyambut baik apa yang disampaikan Dede. Menurutnya, selama ini, warga Ciamis tinggal di Bekasi sudah melakukan hal tersebut.

"Namun investasi yang ditanamkan memang masih kecil-kecilan karena tidak semua perantau sudah mapan kemampuan keuangannya. Ke depan, paguyuban ini akan mencoba menyejahterakan seluruh anggotanya supaya lebih banyak yang mapan dan siap kembali untuk membangun Ciamis," katanya.

sumber:http://www.pikiran-rakyat.com

PangandaranBeach - Berita Ragam Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan Wagub Minta Perantau Ciamis Pulang?

Informasi Wisata Lainnya
Napak Tilas Jalur EXTRIME Peninggalan Belanda
Rabu, 22 Juni 2016 04:20 WIB
Napak Tilas Jalur EXTRIME Peninggalan Belanda
Pangandaran merupakan andalan Objek Wisata Provinsi Jawa Barat yang memiliki keindahan pantai dan pesona alam menawan, serta memiliki ragam flora dan fauna sehingga menambah daya tarik wisata.
Pantai Pasir Putih Pangandaran Menghitam akibat tercemar Bahan bakar Kapar MV Viking
Minggu, 19 Juni 2016 09:36 WIB
Pantai Pasir Putih Pangandaran Menghitam akibat tercemar Bahan bakar Kapar MV Viking
Setelah diledakan di atas terumbu karang tepatnya dilokasi wisata pantai Pasir puti, kini aktifitas wisata snorkling wisatawan di Pasir Putih Pangandaran mulai jarang terlihat akibat isi perut kapal seperti oli, solar luber
Kompepar Laksanakan Sertifikasi Pemandu se-Kabupaten Pangandaran di ikuti 600 peserta
Minggu, 05 Juni 2016 19:28 WIB
Kompepar Laksanakan Sertifikasi Pemandu se-Kabupaten Pangandaran di ikuti 600 peserta
30 Mei hingga 2 Juni 2016, Kompepar Pangandaran bekerjasama dengan Badan Nasional Sertfikasi Profesi (BNSP), menyelenggarakan sertifikasi kepemanduan ekowisata se-Kabupaten Pangandaran
OBYEK WISATA PANGANDARAN TETAP MENJADI PRIMADONA
Sabtu, 07 Mei 2016 00:13 WIB
OBYEK WISATA PANGANDARAN TETAP MENJADI PRIMADONA
Keindahan tempat tempat wisata di Kabupaten Pangandaran seperti green Valley citumang,santirah body rafting, cijolang body rafting dan Green Canyon tetap jadi tetap jadi pilihan utama wisatawan di Jawa Barat