Pemuda dan Olahraga

Inilah Daftar 23 Pemain Timnas yang Dipanggil PSS untuk AFF 2023

Rabu, 09 Agustus 2023 01:27 WIB Redaksi 117
Inilah Daftar 23 Pemain Timnas yang Dipanggil PSS untuk AFF 2023

PSSI mengumumkan 23 pemain Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Piala AFF U-23 di Thailand pekan depan. Setelah merilis dan kemudian menghapus unggahan soal pemanggilan pemain dan pemusatan latihan (training center), PSSI kembali menampilkan deretan nama pemain yang masuk ke dalam skuad Garuda Muda.

Di posisi kiper terdapat Ernando Ari, Muhammad Adisatryo, dan Daffa Fasya. Ketiga kiper ini sudah berpengalaman di bawah asuhan Shin Tae Yong.

Sementara di lini belakang terdapat Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Bagas Kaffa, Muhammad Ferrari, Kadek Arel, Komang Teguh, Frengky Missa, dan Dzaky Asraf.

Delapan pemain tengah yang dipanggil Shin kali ini adalah Beckham Putra, Arkhan Fikri, Fajar Fathur Rachman, Jeam Kelly Sroyer, Salim Tuharea, Robi Darwis, Rifky Dwi, dan Esal Sahrul. Sedangkan Irfan Jauhari, Ramadhan Sananta, Abdul Rahman, dan Muhammad Ragil menjadi andalan di lini depan.

Pemusatan latihan rencananya akan berlangsung pada 10 hingga 14 Agustus di Jakarta. Sementara ajang AFF U-23 bakal diselenggarakan pada 17-26 Agustus.

Dari susunan nama pemain yang ada kali ini, cukup berbeda dibanding daftar nama yang dirilis dan kemudian dihapus kemarin.Pada daftar pemanggilan kemarin terdapat nama Witan Sulaeman, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia U-23

Kiper

Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya)
Muhammad Adisatryo (PSIS)
Daffa Fasya (Borneo FC)

Belakang

Rizky Ridho (Persija)
Alfeandra Dewangga (PSIS)
Bagas Kaffa (Barito Putera)
Muhammad Ferarri (Persija)
Kadek Arel (Bali United)
Komang Teguh (Borneo FC)
Frengky Missa (Persikabo)
Dzaky Asraf (PSM)

Gelandang

Beckham Putra (Persib)
Arkhan Fikri (Arema)
Fajar Fathur Rahman (Borneo FC)
Kelly Sroyer (Persik)
Salim Tuharea (Madura United)
Robi Darwis (Persib)
Rifky Dwi (Persita)
Esal Sahrul (Persita)

Depan

Irfan Jauhari (Persis)
Ramadhan Sananta (Persis)
Abdul Rahman (Rans)
Muhammad Ragil (Bhayangkara)

Sejarah AFF U-23

Kali pertama Piala AFF U23 digelar adalah pada 2005. Kala itu, turnamen untuk pemain berusia di bawah 23 tahun tersebut dilangsungkan di Bangkok, Thailand. Piala AFF U23 edisi perdana diikuti oleh delapan tim yang dibagi ke dalam dua grup.

Tuan rumah Thailand berhasil menjadi juara Piala AFF U23 2005 usai mengalahkan Singapura dengan skor telak 3-0. Bintang muda Thailand kala itu, Teeratep Winothai, sukses memborong dua gol pada laga final. Sementara, satu gol lainnya dibukukan oleh Sompong Soleb. Turnamen Piala AFF U23 2005 tersebut juga dijadikan sebagai ajang pemanasan tim-tim peserta sebelum tampil di SEA Games Manila di tahun yang sama.

Penyelenggaraan turnamen Piala AFF U23 sempat vakum selama enam tahun. Baru pada 2011, direncanakan untuk menggelar edisi kedua kejuaraan tersebut. Akan tetapi, Piala AFF U23 2011 yang rencananya digelar di Palembang, Indonesia, harus dibatalkan. Sebab, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring yang awalnya bakal digunakan sebagai venue sedang dalam proses renovasi

Setelah itu, Kejuaraan AFF U23 kembali vakum untuk jangka waktu yang lebih lama yakni delapan tahun. Pada 2019, akhirnya AFF dapat menggulirkan Piala AFF U23. Kali ini, turnamen dihelat di Phnom Penh, Kamboja. Timnas Indonesia besutan Indra Sjafri sukses menjadi juara pada edisi kedua Piala AFF U23. Pada pertandingan final Piala AFF U23 2019, Garuda Muda berhasil menaklukkan juara bertahan Thailand dengan skor 2-1.



Scroll to Top