Ragam

Tobat dan Inabah

Kamis, 20 Desember 2012 11:50 WIB Redaksi 560
Tobat dan Inabah

INILAH.COM,Jakarta - Tobat adalah kembalinya seorang hamba kepada Allah SWT. Artinya, ia harus menjauh jalan para pelaku dosa dan maksiat, dan kembali menempuh ketaatan kepada Allah SWT.

Dalam upaya melakukan tobat tersebut, diperlukan syarat-syarat khusus agar tobat diterima oleh Allah dan maqam inabah (kembali tunduk kepada Allah) tercapai.

Tobat dan Inabah adalah literatur klasik terlengkap tentang tobat dan mabah yang disarikan dari dalil-dalil al-Quran, sunnah Rasulullah SAW, dan nasihat para ulama salat yang saleh. Di dalamnya dijelaskan makna tobat dan inabah, pengertian dan hakikat tobat nasuha, syarat-syaratnya, hingga tanda-tanda seseorang sudah mencapai maqam inabah.

Bahkan, penulisnya Imam Ibnul Qayyim melengkapi kajiannya dengan paparan yang rinci mengenai jenis-jenis dosa, dan cara tobat tersebut. Misalnya, bagaimana cara tobat orang yang melakukan ghashab (memakai hak orang lain tanpa izin)? Mengapa qishash (sanksi hukum yang setimpal dengan pelanggaran yang dilakukan) digariskan oleh syariat sebagai sarana pertobatan dari dosa membunuh?

Buku ini tak hanya memberikan kita pengertian tentang tobat dan inabah, namun juga menuntun kita untuk dapat membawa diri kita menghindari dosa dan maksiat serta melakukan tobat dari dosa-dosa yang pernah kita lakukan. Dengan membaca dan mempraktikkan tuntunannya, kia pun akan menjadi pribadi-pribadi bertakwa yang selalu berada di jalan yang digariskan-Nya, dan meraih ridha-Nya.


Judul : Tobat dan Inabah

Penulis : Ibnul Qayyim al-Jauziyyah

Penerbit : Qisthi Press

Terbit : Agustus 2012

ISBN : 9789791303606

SUMBER:http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1939422/tobat-dan-inabah



Scroll to Top