Hotel dan Penginapan

Mengenal Perkembangan Komputer, Berikut Tokoh-Tokoh yang Berjasa Dalam Sejarah Komputer

Rabu, 16 Agustus 2023 04:06 WIB Ria Rosnalia 106
Mengenal Perkembangan Komputer, Berikut Tokoh-Tokoh yang Berjasa Dalam Sejarah Komputer

Salah Esa Wujud perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) merupakan perkembangan mesin komputer yang berlangsung dengan pesat. Sekilas tentang sejarah komputer, komputer ditemukan pertama kali oleh Charles Babbage pada abad ke-19 di tahun 1822 Saat Charles Babbage menguji Buat mendesain komputer mekanik yang bernama mesin analitikal.

Sejarah perkembangan sistem komputer merupakan sejarah yang terkait dengan perkembangan sistem operasi, di mana Bisa dikelompokan menjadi lima kurun waktu. Sejarah perkembangan komputer ini juga Tidak Tanggal dari para tokoh penemu yang berjasa dalam pengembangan komputer.

Berikut ini merupakan tokoh-tokoh yang berjasa dalam perkembangan komputer:

1. Al Khawarizmi

Muhammad ibn Musa Al Khawarizmi atau yang kerap dikenal dengan Al-Khawarizmi. Ia merupakan penemu solusi sistematik dari linear dan notasi kuadrat yang berasal dari Iran.

Berkat karyanya tersebut, Al Khawarizmi dijuluki sebagai Ayah Aljabar. Hasil pemikirannya yang ditulis dalam Kitab al-Jabar dianggap sebagai revolusi Akbar dalam bidang matematika.

Al Khawarizmi berhasil mengintegrasikan konsep-konsep geometri dari matematika yunani Antik ke dalam konsep matematika yang baru.

Pemikirannya menghasilkan sebuah teori gabungan yang memungkinkan Sapta rasional, irasional, dan besaran-besaran geometri yang diperlakukan sebagai objek-objek aljabar.

Hitungan matematika Al Khawarizmi ini menjadi hitungan dasar yang dimanfaatkan dalam penghitungan komputer.

2. Charles Babbage

Charles Babbage merupakan seorang ilmuwan dan matematikawan asal Inggris yang memulai penemuannya dari rasa keingintahuan Buat memecahkan penghitungan matematika secara lebih cepat.

Babbage menciptakan sebuah kalkulator Mini Buat menyelesaikan hitungan matematika hingga delapan desimal.

Pada tahun 1823, Buat mengembangkan alat serupa yang lebih canggih, pemerintah Inggris pun memberikan Donasi finansial dalam Usaha pengembangan. Mesin tersebut dikenal dengan Difference Engine yang Bisa menghitung hingga 20 desimal Buat soal penambahan dan pengurangan matematika sederhana.

Kemudian, Babbage mengembangkan Analytical Engine yang Bisa menyimpan data sebanyak 1.000 Nomor dalam 50 digit, yang menjadikannya sebagai komputer dengan kapasitas Gudang terbesar di Era itu.

Mesin Babbage ini Mempunyai mesin masukan (input), pemrosesan (serupa dengan CPU), memori Gudang data, dan konsep pencetakan data.

3. Eksis Lovelace

Augusta Eksis King, Countess Lovelace, atau yang Umum disebut Eksis Lovelace merupakan penulis dan matematikawan asal Inggris. Ia dikenal berkat karya komputer matematika pertamanya.

Penemuan Lovelace atas mesin ini juga termasuk dalam penggunaan algoritma pertama yang bertujuan Buat diproses oleh mesin.

Jasa Eksis Lovelace merupakan menerjemahkan konsep Analytical Engine Punya Babbage ke Bahasa Prancis Berbarengan dengan insinyur dan matematikawan Italia, Luigi Federico Menabrea.

Dari hasil pemikiran tersebut, Lovelace menjelaskan potensi mesin Babbage Buat mengerjakan perhitungan yang lebih rumit berdasarkan konsep Nomor Bernoulli dan digunakan dalam memproses hal selain dalam Wujud angka, seperti Abjad alfabet.

4. Alan Turing

Alan Mathison Turing merupakan seorang peneliti matematika dan komputer, dan pahlawan perang Inggris. Beliau merupakan dari peneliti-peneliti komputer modern digital pertama. Selain itu Beliau merupakan Manusia pertama yang berpikir Buat menggunakan komputer dalam berbagai keperluan.

Pada tahun 1936, Alan Turing memproduksi sebuah konsep penelitian tentang sebuah mesin yang Bisa menjawab Seluruh pertanyaan, termasuk yang bukan hitungan aritmatika.

Mesin Protesis Alan Turing ini berhasil memecahkan kode Enigma yang digunakan militer Jerman ketika Perang Mayapada II.

Sistem kerja mesin Turing Bisa membaca strategi perang yang direncanakan Jerman. Pada akhirnya, hal ini membantu keselamatan ribuan jiwa korban perang pada Ketika itu.

5. Leonard Kleinrock

Kleinrock merupakan seorang insinyur dan juga ilmuwan asal Amerika Perkumpulan yang sudah Poly memberikan kontribusi dalam Global jaringan.

Ia dijuluki Ayah Internet Sebab sudah menemukan teori pertukaran paket pada tahun 1959 dan tahun 1961. Makalah tersebut berisi tentang pertukaran paket yang berkaitan dengan paket teknologi.

Pada Lepas 29 Oktober, Kleinrock menciptakan sebuah Inovasi Akbar menjelang abad modern Yakni internet. Inovasi tersebut dilakukan secara Nir sengaja dengan memecahkan kode digital dan menjadikannya sebagai paket yang terpisah.

Kleinrock juga menjadi salah Esa pelopor adanya jaringan komunikasi digital dan membantu dalam membangun ARPANET. Advanced Research Projects Agency atau ARPANET merupakan sebuah jaringan sambungan paket yang Mempunyai jangkauan luas pertama dengan kontrol terdistribusi.

Selain itu, jaringan tersebut juga termasuk ke dalam jaringan pertama yang menerapkan paket protokol TCP/IP. Keduanya Lalu menjadi pondasi teknis dari internet.



Scroll to Top