Informasi Wisata
Di Pangandaran Perlu Berdiri Perguruan Tinggi Negeri

Di Pangandaran Perlu Berdiri Perguruan Tinggi Negeri

Oleh | Minggu, 30 Desember 2012 20:14 WIB | 99 Views | Comments

Pangandaran, (PB.com),- Terbentuknya Kabupaten Pangandaran menjadi Daerah Otonom Baru (DOB), tentunya perlu dipikirkan strategi untuk membangun wilayah itu menjadi daerah mandiri. Selain menggenjot potensi parawisata yang menjadi andalan di wilayah itu, juga perlu dipikirkan mendirikan Perguruan Tinggi Negeri untuk mendorong kemajuan SDM (Sumber Daya Manusia) di pesisir selatan Jawa Barat itu.
Ketua Komisi II DPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, mengatakan, penggalian pontensi parawisata di Pangandaran perlu didukung dengan berdirinya sebuah Perguruan Tinggi Negeri di daerah itu. Perguruan Tinggi yang dimaksud, yakni berbentuk Politeknik yang mengambil jurusan Parawisata dan Kemaritiman atau Kelautan.
"Dalam menggali sebuah potensi daerah juga perlu didukung oleh SDM yang mumpuni. Se-kaya apapun sebuah daerah, tp tidak didukung oleh SDM masyarakat-nya yang mumpuni, tentunya sulit untuk daerah itu cepat maju," ujarnya, kepada HR, di Pangandaran, beberapa waktu lalu.
Menurut Agun, di daerah Jawa Barat, Perguruan Tinggi Negeri hampir seluruhnya terpusat di Bandung sebagai Ibukota Provinsi. Jika seluruh PTN seluruhnya harus di Bandung, tentunya akan menghambat kemajuan SDM di daerah lain di Jawa Barat. "Tentunya perlu terobosan baru. Misalnya, di daerah Pantura Jawa Barat dan di pesisir pantai selatan Jawa Barat, harus berdiri PTN. Dan pendirian PTN tidak harus selalu di Bandung," tegasnya.
Apabila pendirian PTN dilakukan di Pangandaran, lanjut Agun, dia yakin pontensi parawisata dan kemaritiman di Pangandaran akan lebih tergali. "Dengan hadirnya Politeknik ini di Pangandaran, selain akan berpengaruh terhadap penggalian potensi, juga akan menghidupkan kota Pangandaran sendiri. Karena akan banyak dari daerah lain yang kuliah ke Pangandaran," ujarnya.
Agun juga mengungkapkan, dia sebagai wakil rakyat dari Dapil Ciamis, akan mengusulkan ke pemerintah pusat agar daerah-daerah DOB baru, salah satunya Pangandaran, untuk diperhatikan dari sisi anggaran guna percepatan pembangunan di daerah itu.
"Kita juga akan mengusulkan soal pendirian PTN di Pangandaran ini ke pemerintah. Karena setelah Kabupaten Pangandaran ini terbentuk, ke depannya harus menjadi daerah yang mandiri dan bisa sejajar dengan daerah lain," ujarnya.
Menurut Agun, faktor potensi SDA (Sumber Daya Alam) yang dimiliki Pangandaran sedikitnya menjadi modal untuk menciptakan dearah maju. "Yang perlu dipikirkan, tinggal bagaimana menggali pontensi tersebut," pungkasnya.
SUMBER:http//:harianrakyat.com

PangandaranBeach - Berita Ragam Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan Di Pangandaran Perlu Berdiri Perguruan Tinggi Negeri?

Informasi Wisata Lainnya
Napak Tilas Jalur EXTRIME Peninggalan Belanda
Rabu, 22 Juni 2016 04:20 WIB
Napak Tilas Jalur EXTRIME Peninggalan Belanda
Pangandaran merupakan andalan Objek Wisata Provinsi Jawa Barat yang memiliki keindahan pantai dan pesona alam menawan, serta memiliki ragam flora dan fauna sehingga menambah daya tarik wisata.
Pantai Pasir Putih Pangandaran Menghitam akibat tercemar Bahan bakar Kapar MV Viking
Minggu, 19 Juni 2016 09:36 WIB
Pantai Pasir Putih Pangandaran Menghitam akibat tercemar Bahan bakar Kapar MV Viking
Setelah diledakan di atas terumbu karang tepatnya dilokasi wisata pantai Pasir puti, kini aktifitas wisata snorkling wisatawan di Pasir Putih Pangandaran mulai jarang terlihat akibat isi perut kapal seperti oli, solar luber
Kompepar Laksanakan Sertifikasi Pemandu se-Kabupaten Pangandaran di ikuti 600 peserta
Minggu, 05 Juni 2016 19:28 WIB
Kompepar Laksanakan Sertifikasi Pemandu se-Kabupaten Pangandaran di ikuti 600 peserta
30 Mei hingga 2 Juni 2016, Kompepar Pangandaran bekerjasama dengan Badan Nasional Sertfikasi Profesi (BNSP), menyelenggarakan sertifikasi kepemanduan ekowisata se-Kabupaten Pangandaran
OBYEK WISATA PANGANDARAN TETAP MENJADI PRIMADONA
Sabtu, 07 Mei 2016 00:13 WIB
OBYEK WISATA PANGANDARAN TETAP MENJADI PRIMADONA
Keindahan tempat tempat wisata di Kabupaten Pangandaran seperti green Valley citumang,santirah body rafting, cijolang body rafting dan Green Canyon tetap jadi tetap jadi pilihan utama wisatawan di Jawa Barat