Informasi Wisata

KEINDAHAN WISATA ALAM PANGANDARAN DI MUSIM KEMARAU

Selasa, 25 Agustus 2015 16:32 WIB Redaksi 709
KEINDAHAN WISATA ALAM PANGANDARAN DI MUSIM KEMARAU

Wilayah Indonesia berada pada posisi strategis, terletak di daerah tropis, diantara Benua Asia dan Australia, diantara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, serta dilalui garis katulistiwa, terdiri dari pulau dan kepulauan yang membujur dari barat ke timur, terdapat banyak selat dan teluk, menyebabkan wilayah Indonesia rentan terhadap perubahan iklim/cuaca.
Fenomena yang mempengaruhi iklim di Indonesia :
1. El Nino dan La Nina
2. Dipole Mode
3. Sirkulasi Monsun Asia - Australia
4. Daerah Pertemuan Angin Antar Tropis (Inter Tropical Convergence Zone / ITCZ)
5. Suhu Permukaan Laut di Wilayah Indonesia
Prakiraan Musim Kemarau 2015 secara umum dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Kondisi El Nino s.d Agustus diprediksi normal sampai sedang, Indeks Dipole Mode normal, dan anomali suhu muka laut di Indonesia normal sampai hangat.
2. Maret- April 2015 Umumnya SST perairan Indonesia cenderung normal sehingga penambahan massa uap air kurang signifikan, hanya perairan di selatan Jawa yang lebih hangat.
3. Mei-Agustus 2015 Umumnya SST hampir seluruh wilayah perairan Indonesia cenderung hangat sehingga penambahan massa uap air cukup signifikan.
4. Prediksi Indeks Dipole Mode Maret s/d Agustus 2015: Normal sehingga penambahan Curah Hujan kurang signifikan di Indonesia bagian barat
5. Umumnya wilayah indonesia akan memasuki musim kemaran pada bulan April sebanyak 102 wilayah zom atau 29.8% dari seluruh wilayah zom, pada bulan Mei sebanyak 99 wilayah atau 28.9%, dan pada bulan Juni sebanyak 84 wilayah atau 24.6% dari seluruh wilayah zona musim(zom).
6. Dibandingkan dengan rata-rata awal musim kemarau (1981-2010), sebagain besar daerah diperkirakan SAMA (34,5%), MAJU (33%) dan MUNDUR (32,5%).
7. Sifat hujan musim kemarau 2015 sebagian besar daerah diprakirakan NORMAL (63,9%).


Kepala BMKG Andi Eka Sakya menyatakan, musim kemarau tahun ini akan lebih panjang dibandingkan tahun lalu imbas dari munculnya El Nino. Hasil pantauan BMKG, El Nino akan menimpa Indonesia dan akan terus menguat dan mencapai puncaknya pada dua bulan ke depan.
"Kondisi ini dikarenakan pada tahun ini terjadi El Nino yang telah mencapai level moderat dan diprediksi akan menguat mulai Agustus sampai dengan Desember 2015," ujar Andi kepada wartawan di Kantor BMKG, Jakarta, Jumat (7/8/2015).


Bagi wisatawan yang mau berkunjung ke Objek wisata di Pangandaran seperti Green Canyon,Green Valley,Green Coral Cijulang,Cijulang Body Rafting,Santirah di musim kemarau inilah kita akan di suguhkan keindahan Alam dengan aliran sungai yang jernih, tampak berwarna kebiruan indah untuk di nikmati,dengan arus yg tenang. Sumber BMG/Wonderfulpangandaran



Scroll to Top