Kuliner Pangandaran
DESTINASI WISATA SANTIRAH SALASARI ADAKAN FESTIVAL BUDAYA DAN KULINER

DESTINASI WISATA SANTIRAH SALASARI ADAKAN FESTIVAL BUDAYA DAN KULINER

Oleh | Jum'at, 11 September 2015 01:03 WIB | 254 Views | Comments

Pangandaranbeach Santirah terletak di Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. Berada di ketinggian 300mdp mempunyai batuan kars di beberapa wilayahnya, pada batuan kars inilah biasanya terdapat beberapa gua yang cukup menarik sekaligus aliran sungai yang jernih di bawahnya.


Kawasan wisata Santirah Gua Lanang Desa Selasari ini masih alami dengan sentuhan alam pegunungan yang bisa memberikan nuansa yang berbeda dengan kawasan wisata lain. Artinya, wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran, kini tidak hanya menikmati wisata pantai saja, tetapi ada tambahan destinasi lainnya, yakni wisata alam.

Untuk menuju kawasan wisata yang berada di Desa Selasari ini, pengunjung hanya membutuhkan waktu 25 menit dari pusat Kota Parigi, baik menggunakan roda dua ataupun roda empat. Di kawasan wisata goa ini pun sudah disiapkan para pemandu wisata.
Wisata Goa Desa Selasari Pangandaran
Desa Selasari adalah sebuah desa wisata yang baru diresmikan oleh bupati Pangandaran pada awal 2012. Berdasarkan Hasil Survey Tim Survey Wisata Selasari ditemukan lebih dari 100 Goa yang terdapat di Desa Wisata Selasari. Diantaranya terletak di Pusat Wisata Sutra Reregan berada 300 m dari Desa Selasari, 15 Goa terletak di area wisata yang terletak di Dusun Salakambang, 8 diantaranya yang bisa di Kunjungi oleh para wisatawan. Diantaranya Goa Sutra Reregan, Goa Panggung, Goa Peteng, Goa Panjang, Goa Parat, Goa Lanang, Goa Gede dan Goa Citalun. Bagi Anda yang menyukai eksotisme sebuah Goa , anda bisa menelusuri 8 Goa yang terdapat di Desa ini.
Dari 8 gua tersebut masing masing memiliki ciri khas atau keunikannya tersendiri, keunikan yang bisa Anda temukan sendiri saat berkunjung ke Goa-Goa tersebut. Mulai dari yang terpendek sepanjang 50 meter hingga yang terpanjang sekitar 300 meter kedalamannya. Selain alamnya yang masih asri, di dalam goa tersebut dihiasi ornamen batu stalagmit dan stalagtit atau batu kapur yang mengerucut membentuk hiasan alami.
Wisata Sungai dan Wisata Budaya Desa Selasari Pangandaran
Selain Wisata Goa, Desa Selasari juga memiliki sungai yang cocok untuk kegiatan arung jeram, air terjun, hutan konservasi yang masih perawan. Juga situs-situs budaya, seperti Kampung Buhun, Tapak ki Jonggrang, Tapak Budha, Batu Putih (Batu Bagong). Juga terdapat jejak peninggalan sesepuh Sunda masa lalu sepert Eyang Gede, dan mbah Jagaraksa.
Body Rafting
Menelusuri goa tidak hanya menjadi salah satu keunikan dari Desa Selasari ini. Body Rafting di sungai yang ada di Desa Selasari ini menjadi wahana yang bisa dicoba. Ada dua lokasi tempat Body Rafting atau Water Tubing, rafting dengan kategori mudah berada di Goa Lanang dan kategori sulit berada di Santirah.

Jika anda sudah pernah mencoba Body Rafting di Green Canyon, maka Anda harus mencoba Body Rafting di Desa ini karena tidak kalah serunya dengan Green Canyon.

PangandaranBeach - Berita Ragam Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan DESTINASI WISATA SANTIRAH SALASARI ADAKAN FESTIVAL BUDAYA DAN KULINER ?

Kuliner Pangandaran Lainnya
Pusat Kuliner Pangandaran Diresmikan
Sabtu, 02 Juli 2016 10:01 WIB
Pusat Kuliner Pangandaran Diresmikan
Sentra kuliner hasil laut (seafood) yang berada di Pantai Pamugaran, Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, tersebut diresmikan penggunaannya oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata,Sabtu,(1/7/2016),kegiatan ini juga sekaligus buka bersama dengan menu aneka hasil laut serta solat tarawih berjamaah di pelataran lokasi tersebut.
Nasi Tumpeng Jadi Pendorong Wisata Kuliner Indonesia
Jum'at, 21 Desember 2012 09:39 WIB
Nasi Tumpeng Jadi Pendorong Wisata Kuliner Indonesia
Ada banyak alasan yang digunakan turis untuk traveling, salah satunya untuk mencicipi kuliner. Melihat hal itu, Kemenparekraf menjadikan Nasi Tumpeng sebagai pendorong wisata kuliner Indonesia.