Kuliner Pangandaran
Nasi Tumpeng Jadi Pendorong Wisata Kuliner Indonesia

Nasi Tumpeng Jadi Pendorong Wisata Kuliner Indonesia

Oleh | Jum'at, 21 Desember 2012 09:39 WIB | 63 Views | Comments

Jakarta - Ada banyak alasan yang digunakan turis untuk traveling, salah satunya untuk mencicipi kuliner. Melihat hal itu, Kemenparekraf menjadikan Nasi Tumpeng sebagai pendorong wisata kuliner Indonesia.

Kemenparekraf sepertinya semakin serius mengembangkan wisata kuliner. Tanggal 14 Desember 2012 kemarin, Menparekraf Mari Elka Pangestu baru saja meluncurkan 30 ikon kuliner Tradisional Indonesia, dan nasi tumpeng pun terpilih sebagai pendorong utama makanan khas Indonesia.

"Kita masukan tumpeng sebagai pendorong utama makanan tradisional Indonesia di mata dunia, sama seperti Thailand dengan tom yam, di belakangnya ada makanan lain yang ikut dikenal, begitu juga dengan tumpeng," kata Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus, Konvensi, Insentif dan Even, Direktorat Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kemenparekraf, Achyaruddin dalam jumpa pers Pertemuan Akhir Tahun Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, bertempat di Restoran Demang, Jl MH Thamrin, Sarinah, Jakarta, Jumat (21/12/2012).

Kemudian muncul pertanyaan, kenapa nasi tumpeng yang dipilih dan bukan nasi goreng atau sate?

"Kalau nasi goreng sudah banyak yang punya, kalau sate Malaysia juga punya banyak," jelas Achyar.

Selain itu, nasi tumpeng dianggap lekat dengan nilai-nilai tradisi dan filosofi bangsa Indonesia.

Nantinya, 30 ikon kuliner ini akan dijadikan menu wajib KBRI di seluruh dunia, dan sebagai platform masakan populer Indonesia.

SUMBER:detik.com

PangandaranBeach - Berita Ragam Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan Nasi Tumpeng Jadi Pendorong Wisata Kuliner Indonesia?

Kuliner Pangandaran Lainnya
Pusat Kuliner Pangandaran Diresmikan
Sabtu, 02 Juli 2016 10:01 WIB
Pusat Kuliner Pangandaran Diresmikan
Sentra kuliner hasil laut (seafood) yang berada di Pantai Pamugaran, Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, tersebut diresmikan penggunaannya oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata,Sabtu,(1/7/2016),kegiatan ini juga sekaligus buka bersama dengan menu aneka hasil laut serta solat tarawih berjamaah di pelataran lokasi tersebut.
DESTINASI WISATA SANTIRAH SALASARI ADAKAN FESTIVAL BUDAYA DAN KULINER
Jum'at, 11 September 2015 01:03 WIB
DESTINASI WISATA SANTIRAH SALASARI ADAKAN FESTIVAL BUDAYA DAN KULINER
Kawasan wisata Santirah Gua Lanang Desa Selasari ini masih alami dengan sentuhan alam pegunungan yang bisa memberikan nuansa yang berbeda dengan kawasan wisata lain. Artinya, wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran,