Pendidikan dan Budaya

IKIP Siliwangi Mewisuda 1.775 Lulusan, Hasilkan Lulusan Calon Guru yang Bertalenta Digital

Jum'at, 17 November 2023 10:17 WIB Redaksi 72
IKIP Siliwangi Mewisuda 1.775 Lulusan, Hasilkan Lulusan Calon Guru yang Bertalenta Digital

IKIP Siliwangi menggelar wisuda di Kampus IKIP Siliwangi Jalan Terusan Jenderal Sudirman, Baros, Kota Cimahi, Rabu (15/11/2023). Wisuda tahun ini diikuti lulusan S1 ke-39 sebanyak 1.723 dan S2 ke-18 sebanyak 52 orang dengan total 1775 lulusan.

Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd, mengatakan bahwa tahun ini prosesi wisuda dilakukan secara luring penuh untuk kedua kalinya setelah tahun lalu yang pertama luring secara penuh.

Euis pun memiliki harapan dimana dengan wisuda tahun ini yang merupakan tahun politik, lulusan IKIP Siliwangi betul-betul mampu berpikir kritis dan kreatif serta bisa berkomunikasi dan berkolabirasi.

"Artinya kemampuan ini penting mengingat di tahun politik ini diperlukan pemilih yang cerdas dalam menentukan jalur politik mereka," ujarnya

Tak hanya itu, Euis Eti Rohaeti juga menjelaskan bahwa lulusan IKIP Siliwangi tak hanya diberi pembekalan akademisi, namun memiliki kualitas lebih dibanding lulusan lainnya melalui sejumlah materi tambahan.

Prosesi wisuda IKIP Siliwangi di Kampus IKIP Siliwangi, Jalan Terusan Jenderal Sudirman, Baros, Kota Cimahi, Rabu (15/11/2023)

Hal ini membuat minat mahasiswa untuk kuliah di IKIP Siliwangi terlihat tetap tinggi dan stabil di tengah tren menurunnya mahasiswa yang berminat kuliah di bidang pendidikan.

"Alhamdulillah peminat untuk kuliah di IKIP Siliwangi dari tahun ke tahun stabil, bahkan di saat pandemi pun kami tidak mengalami penurunan mahasiswa," katanya.

Salah satu kuncinya kata Euis, adalah IKIP Siliwangi memiliki kekhasan program studi di mana setiap mata kuliah di setiap prodi selalu memiliki tambahan materi.

"Seluruh program studi dibekali materi tambahan keterampilan ICT agar kelak lulusan IKIP Siliwangi menjadi guru yang melek digital. Namun bukan itu saja, ada juga materi tambahan misalnya Bahasa Inggris, mahasiswa juga dibekali dengan Bahasa Inggris untuk pariwisata, atau Bahasa Indonesia dibekali juga dengan materi jurnalistik. Begitu pun Matematika, mahasiswa dibekali dengan Matematika perbankan," ujar Euis.

Dengan tambahan-tambahan materi tersebut, menurut Rektor, lulusan IKIP Siliwangi selalu memiliki kompetensi plus jika dibandingkan dengan lulusan di perguruan tinggi lain.

Wisuda IKIP Siliwangi dihadiri berbagai kalangan, termasuk Ibu Kepala Staf Angkatan Darat, Evi Sophia Indra selaku Ketua Pembina Yayasan Kartika Jaya,  Pembina Yayasan Kartika Jaya Ana Juniani, Kepala LLDIKTI 4 Dr. Samsuri, S.Pd, MT,  Dinas Pendidikan Jabar, dan lain sebagainya.  (tribun)



Scroll to Top