Berita Pangandaran

Warga Geger Dengan Temuan Mirip Granat

Kamis, 26 Juni 2014 08:52 WIB Redaksi 481
Warga Geger Dengan Temuan Mirip Granat

Sidamulih - Warga masyarakat di ling­kungan Dusun Cipari RT 04 RW 02 Desa Sukaresik Keca­matan Sidamulih digegerkan dengan penemuan yang di­duga granat ranjau sisa pe­rang jaman Belanda atau pun Jepang, Rabu, (25/6/2014) oleh salah seorang warga setempat.
Berdasarkan informasi yang dihimpun, Ruhana (38), salah seorang warga lingkungan Dusun Cipari RT 04 RW 02 Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih yang sedang menggali tanah di lokasi milik Norbert (52) yang juga warga setempat untuk mengurug jalan me­rasa curiga saat cangkulnya membentur sesuatu yang keras.
Setelah terus digali, Ruha­na menemukan barang se­perti bahan peledak jenis ran­jau. Karena takut terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, Ia memberi tahu ke pemilik tanah selanjutnya melaporkan temuan tersebut ke Polsek Sidamulih.
Sebelum petugas polisi dan TNI datang, ikhwal temuan barang yang diduga bahan peledak jenis ranjau ini terus merebak dari mulut ke mulut. Sehingga warga kampung setempat geger atas temuan Ruhana itu dan menjadi tontonan, meski diliputi perasaan khawatir barang ter­sebut sewaktu-waktu me­le­dak.
Selang beberapa saat kemudian, petugas dari kepolisian dan TNI tiba di lokasi. Setelah diperiksa secara teliti oleh pihak TNI, barang yang diduga granat ranjau tersebut dinyatakan aman karena hanya sebuah tutup kran tangki pendam SPBU Sukaresik yang terbuang.
Komandan Rayon Militer Pangandaran Kapten Inf. Sar­wono menegaskan, ba­rang yang ditemukan warga di Dusun Cipari itu bukan granat atau ranjau yang selama ini dikha­watirkan war­ga melainkan tutup tangki milik SPBU yang terbuang saat sedang perbaikan SPBU.
"Setelah kami koordina­sikan dengan pihak SPBU ternyata benar itu tutup tangki karena setelah disamakan dengan yang aslinya cocok. Jadi kami himbau warga gak perlu panik itu bukan ranjau melainkan tu­tup kran SPBU,"ung­­kapnya.



Scroll to Top