Berita Pangandaran
Obor PON XIX 2016 Akan Di Arak Sejauh 1006 Kilometer

Obor PON XIX 2016 Akan Di Arak Sejauh 1006 Kilometer

Oleh | Kamis, 23 Juni 2016 12:35 WIB | 172 Views | Comments

PangandaranBeach,- Kabupaten Pangandaran sebagai tuan rumah dua cabang olah raga PON XIX 2016 Jawa Barat siap menyambut kirab api Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX, yang akan diarak estafet mengelilingi 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, pada tanggal 5-17 September 2016 mendatang,Iring-iringan kirab PON XIX akan singgah di Kabupaten Pangandaran pada 7 September mendatang. Obor PON XIX yang menjadi simbol ajang olahraga terbesar di Indonesia ini akan tiba di Pangandaran sekitar pukul 15.00 dan akan diarak keliling Pangandaran.
Hal ini dikatakan Koordinator Kirab dan Prosesi Api PON dan Peparnas Ali Sobari saat Rapat persiapan ajang kirab dilaksanakan di Kantor Bupati Pangandaran, Kamis (23/6). mengatakan prosesi kirab merupakan seremoni akbar menjelang PON XIX dengan menempuh jarak 1006 Km.
"Api kita ambil dari sumber api abadi di Desa Majakerta, Kecamatan Balongan, Indamayu. Dari Indramayu, rutenya adalah ke Kabupaten dan Kota Cirebon, lalu ke Kuningan, Majalengka, Ciamis, Banjar dan Pangandaran," ungkapnya.
Menurutnya prosesi dilanjutkan ke Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut dan seterusnya, hingga berakhir di Kabupaten Bandung,dari 27 kabupaten/kota yang dilintasi hanya di 17 tempat obor akan disemayamkan atau bermalam. Salah satu tempat persemayaman obor di Kabupaten Pangandaran.
"Iring-iringan kirab mula-mula akan datang menggunakan mobil di setiap kabupaten/kota dan obor akan diarak oleh para atlet dengan cara berlari masing-masing 2,5 kilometer sebelum dan sesudah pendopo dan titik 2,5 Km sebelum Kantor Bupati Pangandaran berada di Desa Karangbenda,"tuturnya.
Selanjutnya ketika akan melanjutkan obor kembali diarak dengan cara berlari hingga Desa Kondangjajar, Kecamatan Cijulang, untuk selanjutnya menuju Kota Tasikmalaya melalui Kecamatan Cimerak.
"Di Pangandaran sendiri, api nanti disimpan di lentera, sampai nanti digunakan untuk menyalakan kalderon (tungku) secara serentak pada 17 September," lanjutnya.
Wakil Bupati H Adang Hadari dirinya optimistis, dua cabang olahraga yang dipertandingkan di Pangandaran, yakni berkuda dan terjung payung, akan berjalan lancar juga penyelenggaraan PON XIX akan mendatangkan manfaat berlipat bagi Pangandaran.
"Ini kesempatan untuk memeprkenalkan pariwisata Pangandaran juga masyarakat pasti akan mendapat manfaat ekonomi yang lebih meningkat,"tambahnya.

 

PangandaranBeach - Berita Ragam Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan Obor PON XIX 2016 Akan Di Arak Sejauh 1006 Kilometer?

Berita Pangandaran Lainnya
Warga Sesalkan Aksi Balapan Liar Di Jalan Cilutung
Minggu, 03 Juli 2016 09:30 WIB
Warga Sesalkan Aksi Balapan Liar Di Jalan Cilutung
Warga masyarakat yang melintasi lokasi jalan Cilutung menuju Majingklak sangat menyesalkan dengan aksi oknum anak muda yang sering melakukan balapan liar di lintasan jalur tersebut,warga mengharapkan bakat para oknum pembalap liar ini di salurkan oleh Pemerintah setempat dengan cara membuat event-event otomotif khususnya balap motor.
Goa Jepang Peninggalan Sejarah Masih Ada Yang Tersembunyi
Minggu, 03 Juli 2016 09:01 WIB
Goa Jepang Peninggalan Sejarah Masih Ada Yang Tersembunyi
Ternyata di Desa Putra Pinggan Kecamatan Kali Pucang Kabupaten Pangandaran, tepatnya di bawah bukit batu, di pinggir pantai dekat Water Park terdapat goa bersejarah yang diduga berupa peninggalan penjajah Jepang.
Dua Ruangan SD Ambruk Di Parigi
Jum'at, 01 Juli 2016 05:29 WIB
Dua Ruangan SD Ambruk Di Parigi
Bangunan ruangan kantor guru dan kelas 6 milik Sekolah Dasar Negeri 1 Parigi ambruk rata dengan tanah sekitar pukul 16:15 Wib,saat kejadian terdengar suara kencang bahkan sampai para warga yang akan berangkat ngabuburit dilapang alun – alun Parigi kaget dan dalam kejadian ini sekolahan tersebut mengalami kerugian ratusan juta rupiah juga tidak ada korban jiwa,Jum’at,(1/7/2016).
Jeje Wiradinata Serahkan Hadiah Kepada Pemenang Lomba Pidato Bung Karno & Lomba Foto
Kamis, 30 Juni 2016 23:57 WIB
Jeje Wiradinata Serahkan Hadiah Kepada Pemenang Lomba Pidato Bung Karno & Lomba Foto
Pertama kalinya kegiatan yang diprakarsai DPC PDIP Kabupaten Pangandaran ini sukses menjadi ajang adu prestasi mua-mudi setempat yaitu Bulan Bung Karno,dua kompetisi yang digelar adalah Lomba Pidato Bung Karno dan Lomba Foto Bercerita bertema “Pancasila”. Kompetisi mulai digulirkan sejak awal Juni dan diakhiri bersamaan dengan puncak peringatan Bulan Bung Karno pada 30 Juni.