Pendidikan dan Budaya
PANGANDARAN SITUS BUDAYA MENJADI TUJUAN WISATA ZIARAH

PANGANDARAN SITUS BUDAYA MENJADI TUJUAN WISATA ZIARAH

Oleh | Senin, 26 Januari 2015 18:31 WIB | 254 Views | Comments

CIJULANG, (PB).-
Selama ini, Pangandaran hanya terkenal dengan objek wisata alam. Padahal, daerah yang baru dimekarkan dari Pemerintah Kabupaten Ciamis ini kaya akan potensi wisata ziarah dan situs-situs budaya lainnya.
Sayangnya, wisata ziarah dan situs budaya tersebut belum tergali secara otimal. Sehingga, dengan terbentuknya Pemerintahan DOB Kabupaten Pangandaran ini, situs tersebut akan terus "diguar", dan berharap menjadi daya tarik lain pengunjung yang akan berwisata ke Pangandaran.
Demikian disampaikan Kabid Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Pangandaran, Dr. Erik Krisna Yudha Astawijaya Saputra, SS, M.Si didampingi Kasi Seni dan Budaya, Aceng Hasim, S.Pd, M.Pd, Kamis, (22/8/2013) kepada "PB" di ruang kerjanya.
Dengan banyaknya situs-situs sejarah yang belum tergali yang tersebar di wilayah kabupaten Pangandaran, pihaknya ujar Erik, siap menggali dan mengembangkannya. Apalagi situs tersebut merupakan tempat bersejarah dan harus dilestarikan agar terjaga dari kepunahan akibat faktor teknologi.
"Kita tidak mungkin seperti sekarang ini kalau tidak ada yang terdahulunya. Oleh karena itu, kita tidak boleh melupakan sejarah malah harus sebaliknya melestarikan sejarah. Hal ini sudah dibicarakan dengan PJ Bupati Endjang Naf­fandy untuk mengum­pulkan data-data situs yang tersebar di kabupaten Pangan­daran," ujar­nya seraya selain situs, juga menginventarisir nama kunceng atau penunggu situs tersebut untuk mendapatkan insentif dari pemerintah.
Insentif bagi kuncen ini nantinya tambah Erik, akan diberikan setiap bulan yang dikirim melalui rekening masing-masing. Tujuannya untuk memberikan motivasi kepada para kuncen/juru kunci agar memelihara dan menjaga situs tersebut. Malah wacana ini merupakan ajuan PJ Bupati sendiri, sehingga wacana dinas dengan bupati kata Erik sudah selaras."Tentunya program ini akan dimulai pada awal tahun 2014, karena anggaranpun belum ada. Jadi untuk saat ini kami hanya menjalankan pengum­pulan data-data situs dan nama para jurukunci/kuncen,"tutur Erik.
Sementara Ayi Thopati Ketua kolompok Penggerak Pari­wisata (Kompepar) Keca­matan Cijulang, salah satu penggerak dalam mengelola situs makam Sembah Agung di atas lahan desa Batukaras seluas 15 hektare ini, akan dikembangkan menjadi salah satu obyek wisata ziarah di Kabu­paten Pa­ngandaran dengan menambah infrastruktur areal parkir di sebelah barat ma­kam."Yang pertama saya meminta pihak pemerintah untuk membantu pemasangan Gajebo di depan jalan masuk makam Sembah Agung, agar para pengunjung wisata dapat mengetahui bahwa di daerah tersebut ada juga wisata ziarah, selain wisata alam pantai Batukaras," ujar UJANG warga sekitari.

PangandaranBeach - Berita Ragam Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan PANGANDARAN SITUS BUDAYA MENJADI TUJUAN WISATA ZIARAH?

Pendidikan dan Budaya Lainnya
Milangkala Purwakarta Pentaskan Budaya Lokal dan Mancanegara
Senin, 31 Agustus 2015 06:33 WIB
Milangkala Purwakarta Pentaskan Budaya Lokal dan Mancanegara
Kita harus belajar ke kabupaten tetangga tidak harus jauh jauh,liat Purwakarta sebuah kabupaten bisa menyajikan helaran budaya budaya daerah dan dinternasional kalau semuanya saling bersinergi,yakin kab Pangandaran bisa
Penyerahan SK Kompepar Kab Pangandaran
Minggu, 14 Juni 2015 23:51 WIB
Penyerahan SK Kompepar Kab Pangandaran
Gebyar budaya pagelaran seni ronggeng gunung sekaligus penyerahan SK Kompepar Kabupaten Pangandaran oleh Kepala Disparindagkop dan UMKM pada rangkaian acara tersebut bertempat di parkiran pantai Madasari Cimerak,Jumat,(12/6/2015)
Hotel Aston Pangandaran Eksotis Balinya Jabar
Rabu, 06 Mei 2015 06:25 WIB
Hotel Aston Pangandaran Eksotis Balinya Jabar
Siapa yang tidak kenal dengan keindahan pantai Pangandaran,kawasan wisata yang beragam, segi wisata kuliner, wisata alam di Taman Budaya Cagar Alamnya, keindahan baik di sisi timur maupun di sisi barat Pangandaran belum lagi keindahan alam bawah laut yang terdiri beragamnya ikan hias dan hewan laut lainnya di dasar laut pantai Pangandaran.
Badud Tampil Di Festival Seni Budaya BOMA Jabar
Minggu, 03 Mei 2015 04:07 WIB
Badud Tampil Di Festival Seni Budaya BOMA Jabar
Gelaran yang dilaksanakan oleh masyarakat adat Jawa Barat kerap dinamai ‘Pinton Ajen Karancagean’ tersebut melibatkan 23 kampung adat yang tergabung dalam Barisan Olot Masyarakat Adat (BOMA) untuk menyambut para mahasiswa dari 48 negara Asia Afrika disuguhi beragam kesenian adat budaya tradisional yang ada di Jawa Barat,mereka begitu antusias menyaksikan setiap kesenian terutama seni Badud dari Kabupaten Pangandaran yang ditampilkan di eko wisata alam dan budaya alam santosa Pasir Impun Kabupaten Bandung