Berita Pangandaran

Warga Pangandaran Harapkan Kapolres Segera Berdiri

Rabu, 17 Desember 2014 03:51 WIB Redaksi 423
Warga Pangandaran Harapkan Kapolres Segera Berdiri

CIJULANG,(KP),- Sejumlah masyarakat di Kabupaten Pangandaran, khususnya di Kecamatan Cijulang memanfaatkan momentum kehadiran Kepala Polisi Daerah Jawa Barat Inspektur Jendral M .Iriawan di wilayahnya untuk "curhat". Salah satu curhat warga adalah, warga berharap terbentuk Markas Polisi Resort (Mapolres) di Kabupaten Pangandaran.
Selama ini ucap warga, untuk pengurusan yang berhubungan Mapolres, harus berangkat ke Kabupaten Ciamis dengan ja­rak tiga jam perjalanan. Se­lain menyita waktu, juga mengha­bis­kan biaya yang terbilang cu­kup besar. Sehingga, dengan ke­­hadiran Mapolres di Kabu­pa­ten Pa­ngan­daran, akan mem­permudah kepengurusan tersebut.
Dari pantauan "KP" usai ke­giat­an penyerahan sembako yang digelar salah satu yayasan besar di Indonesia di Dusun Sanghiang Kalang RT 04/09 De­sa Batukaras, Selasa, (16/­12/2014), Kapolda didampingi Kapolres Ciamis AKBP Hari San­toso menyempatkan blu­suk­an ke warung kecil milik warga.
Selain menyantap jajanan wa­rung, Kapolda dan Kapolres mendengarkan beberapa kelu­han masyarakat, di antaranya kinerja dan pelayanan Polri. Se­lain hal itu, Kapolda juga diminta warga segera membentuk Ma­polres di Kabupaten Pa­ngan­­daran yang sudah menjadi DOB (Daerah Otonomi Ba­ru) setelah lepas dari Pem­kab Ciamis.
Warga beralasan, terbentuk­nya Mapolres di Kabupaten Pa­ngandaran untuk mempermudah pelayanan.
Usai berbincang dengan war­ga, Kapolda Jawa Barat Ins­pek­tur Jendral M. Iriawan ke­pada wartawan menjelaskan, untuk Pembentukan Polisi Re­sort Pa­ngandaran harus ada aturannya, dengan diawali pengajuan ke Menpan setelah terbentuk bupati definitif. "Ran­stap sudah dibikin yang dibe­rikan ke Ma­bes Polri,"ungkapnya.
Selain terkait Ranstap admi­nistrasi, juga persyaratan lain­­nya ucap Kapolda luas la­han un­tuk perkantoran dibutuhkan lokasi tanah sekitar delapan hektare, dan itu harus yang bersertifikat.
"Setelah semua persyaratan lengkap, baru turun dari Mako (Mapolri). Untuk personil juga sekitar 300 hingga 400 anggota sebagai persiapannya,"tutur Iria­­­wan seraya mengaku mengapresiasi keinginan warga tersebut.
Pasar Murah
Sebelumnya, Kapolda Jabar Inspektur Jendral M .Iriawan di­dampingi Kapolres Ciamis AKBP Hari Santoso menghadiri pemberian santunan untuk ne­layan dari kalangan kurang mam­pu. Selain pemberian santunan, kegiatan yang digelar salah satu yayasan besar di Indonesia kerja sama dengan pemerintah desa setempat ini, juga diisi dengan pasar murah untuk warga setempat.
Kordinator Penyelenggara Pe­laksanaan peduli masyarakat Cucu (52) mengatakan, kegia­tan ini digelar tidak hanya di Du­sun Sanghiang Kalang RT 04/09 Desa Batukaras, tetapi kegiatan sama di enam titik de­ngan tujuan meringankan be­ban nelayan dari kalangan kurang mampu dampak dari kenaikan BBM. "Kegiatan itu di antaranya di Ka­lipucang, Ba­tukaras, Mada­sari, Nusa­wiru, Bojongsalawe dan Pa­ngan­dar­an,"katanya.E-44***

Sumber: HU Kabar Priangan



Scroll to Top