Jakarta - Trafik layanan data XL Axiata selama 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, atau sejak Natal 2023 hingga Tahun Baru 2024, terpantau mengalami kenaikan sebesar 15% dibandingkan dengan hari biasa dan 19% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam pergantian tahun yang mencapai 90% dibandingkan hari biasa.Sebaliknya, trafik layanan legacy (), yaitu percakapan (voice), hanya meningkat 1% dan SMS 8% dibandingkan hari biasa.
I Gede Darmayusa, Chief Technology Officer (CTO) XL Axiata, mengatakan dalam sebuah dokumen yang dirilis di Jakarta, Jumat, "XL Axiata telah mempersiapkan jauh-jauh hari jaringan untuk memberikan dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Hal ini telah kami lakukan". Menurutnya, kenaikan ini sudah diprediksi sebelumnya. "Kami telah melihat adanya peningkatan trafik data yang cukup signifikan karena meningkatnya pergerakan masyarakat di berbagai daerah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru," katanya." Gude melanjutkan, XL Axiata telah melakukan sejumlah langkah antisipasi sebelumnya, yang memungkinkan jaringan tetap dalam kondisi prima selama masa liburan, tanpa ada gangguan yang berarti. Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan selama masa libur Natal. Trafik data di area-area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya terus menunjukkan peningkatan sekitar 15% dibandingkan dengan hari biasa. Kota/kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Cirebon dengan kenaikan sebesar 30%, disusul oleh kota Surabaya dengan kenaikan sebesar 22% dan Bogor dengan kenaikan sebesar 18%.

Berdasarkan provinsi, provinsi Jawa Tengah mengalami peningkatan sebesar 21%, diikuti oleh Sumatera Utara sebesar 16%, Jawa Barat sebesar 14% dan Jawa Timur sebesar 11%.

Destinasi wisata populer juga mengalami peningkatan trafik data yang signifikan. Di kawasan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta, trafik data meningkat sebesar 198% dibandingkan hari biasa. Di Pantai Pangandaran, Jawa Barat, trafik data meningkat sebesar 143%, dan di Pantai Sawarna, Banten, sebesar 128%. Jumlah pelanggan XL Axiata yang melakukan perjalanan ke luar negeri melalui program XL Axiata selama liburan Natal mencapai sekitar 310.000, meningkat sekitar 5% dari tahun sebelumnya. Negara yang paling banyak dikunjungi adalah Singapura, Malaysia, dan Kamboja.