Tarakan - Tim SAR gabungan masih berada di lokasi jatuhnya pesawat Pilatus PC-6 Porter PK-SNE milik Smart Aviation di Binuan, Nunukan, Kalimantan Utara, untuk mencari kotak hitam (black box) dan perekam data penerbangan (flight data recorder/FDR).

"Kami telah memberangkatkan satu helikopter Bell dari Malinau ke lokasi kejadian untuk misi pencarian kotak hitam dan FDR," kata perwakilan Basarnas Tarakan, Syahril, di Tarakan, Senin. Tim SAR gabungan yang berada di lokasi jatuhnya pesawat terdiri dari 10 orang, yang terdiri dari lima personil Basarnas dan lima personil TNI/Polri. Personel Basarnas adalah Hamsa, Muzfadil Chaerul Muhammad, Muh Yusdi Fajerin, Fajar Bakhti Tandi Datu dan Ranga Wijaya Saputra, sedangkan personel TNI/Polri adalah Reda Agung, Selka Safrianshia dan Selda Sigawa, Blipuda Trio Paulana, dan Blipuda Sahululu.

"Tim SAR Gabungan Komando Gabungan Tarakan melakukan briefinguntuk melakukan evakuasi tim SAR Gabungan yang masih berada di lokasi jatuhnya pesawat," kata Syahril.



Super Puma H-225M Reg. koordinat 27.60 "N 115° 56.32.40 "E, jarak 98.29NM, bearing283.44°.

Unsur-unsur yang terlibat dalam evakuasi antara lain Tim SAR Lanud Anan Busra Tarakan, Lanud Anan Busra Tarakan, Skadron Udara 5 Sultan Hasanuddin, Kodam VI Mulawarman, Satrad 225 Tarakan, Lanud Atan Senjaja, Brimob Polda Kaltara, Polres Tarakan, dan Polres Malinau. termasuk di dalamnya. Selanjutnya, Kodim 0907 Tarakan, Kodim 0910 Malinau, Yonif 614 Raja Pandita, BPBD Kabupaten Malinau, TNI AU Tarakan, TNI AU Malinau, UPBU Juwata Tarakan, UPBU R.A Bessing, BMKG Tarakan dan Smart Aviation, MAF Tarakan, RSUD dr Jusuf SK, PMI Tarakan, PMI Marinau, Bapena PPNI Kartala, RMPB Marinau.



"Saat ini cuaca berawan, arah angin barat laut-timur laut, kecepatan angin 2-25 knot, dan tinggi gelombang 1,25-2,5 meter," kata Syahril. Seluruh korban telah dievakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Jusuf SK untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut pada hari Minggu (3 Oktober). Pilot Capt M Yusuf (29) dari pesawat PK-SNE Smart Aviation di Botanical Garden III Cluster No. 9, Bekasi Selatan ditemukan selamat dan seorang mekanik Deni S (35) dari Pangandaran ditemukan meninggal dunia. dari Pangandaran ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Kedua korban adalah pesawat Super Puma H-225M Reg H-2207. Seluruh korban berhasil dievakuasi dan langsung dibawa ke Tarakan.



Pesawat milik maskapai penerbangan Smart Aviation ini dilaporkan hilang kontak setelah lepas landas dari Bandara Internasional Juwata Tarakan pada pukul 08.25 Wita, Jumat 2 Agustus, dalam penerbangan menuju Binuang, Krayan, Nunukan.