Tangerang - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, menyiapkan angkutan mudik gratis ke empat provinsi dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Provinsi Banten, Adi Faidzal di Tangerang, Rabu, mengatakan angkutan mudik gratis ini sesuai dengan kebijakan pelaksana tugas (Plt) Gubernur Banten. "Pendaftaran akan berlangsung dari tanggal 13 hingga 19 Maret 2024 dan akan ditutup jika kapasitas sudah terpenuhi. Pendaftaran diterima secara offline di kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang".

Dia menyatakan bahwa dalam program mudik gratis ini, pihaknya akan menyediakan angkutan dengan tujuan ke 11 kabupaten/kota di empat provinsi.

Dari sisi kuota yang disediakan, sebanyak 26 unit bus dikerahkan untuk mudik gratis tahun 2024 dengan jumlah penumpang mencapai 1.430 orang.

"Program mudik gratis ini bertujuan untuk mengangkut sekitar 1.430 penumpang dengan menggunakan 26 unit bus. Ada 11 jurusan di kabupaten/kota di Indonesia, termasuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta," katanya. Dia menjelaskan, bagi yang ingin mengikuti program ini harus memenuhi persyaratan yang berlaku, seperti memiliki KTP asli Tangerang, dan bagi peserta yang tidak memiliki KTP asli Tangerang dapat melampirkan Surat Keterangan Domisili (asli).

"Peserta Program Mudik Gratis 2024 harus memenuhi ketentuan yang berlaku dan peserta Program Mudik Gratis yang berusia 1 sampai 5 tahun tidak diberikan kursi namun diperbolehkan untuk ikut serta dan tidak dihitung sebagai peserta wajib. Selain itu, peserta mudik yang telah terdaftar akan melakukan registrasi ulang melalui telepon/Whatsapp pada tanggal 21-22 Maret 2024. Bus mudik gratis lebaran dijadwalkan akan diberangkatkan pada hari Kamis, 4 April 2024.

"Untuk memastikan data peserta mudik 2024, akan dilakukan pengecekan ulang melalui telepon/Whatsapp pada 21 dan 22 Maret 2024.

Dia berharap mudik gratis 2024 berjalan lancar dan peserta mudik nyaman di dalam bus dan kembali ke Tangerang dengan selamat.

Adapun daftar 11 provinsi/kota yang menjadi tujuan program mudik gratis Pemprov Tangerang tahun 2024, antara lain Provinsi Jawa Barat tujuan Pangandaran, Cirebon.

Selanjutnya, Provinsi Jawa Tengah dengan tujuan Semarang, Solo, Wonogiri, Purworejo dan Wonosobo

Selanjutnya, Provinsi Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tujuan Madiun, Malang dan Surabaya.