Berita Pangandaran

Kementerian Tenaga Kerja Memprioritaskan Aktivasi Pusat-pusat K3 Dan Mendukung Pengembangan IKN

Minggu, 17 Maret 2024 01:10 WIB 37
Kementerian Tenaga Kerja Memprioritaskan Aktivasi Pusat-pusat K3 Dan Mendukung Pengembangan IKN

JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan memprioritaskan aktivasi Balai Besar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Samarinda, Kalimantan Timur, untuk mendukung Program Pengembangan Ibu Kota Negara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Revitalisasi Balai K3 Samarinda merupakan bagian dari rencana strategis pengembangan Ibu Kota Nusantara.

Beliau menyatakan bahwa rencana revitalisasi tersebut akan mencakup beberapa aspek utama sehingga dapat mendukung kebutuhan K3 di proyek-proyek pekerjaan konstruksi IKN. Aspek-aspek tersebut adalah revitalisasi sarana dan prasarana pengujian K3, dan Balai K3 Samarinda dalam hal peningkatan fasilitas gedung utama.
Menurut Menaker, revitalisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Balai K3 Samarinda yang berdekatan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Menaker menilai peresmian ini penting karena terdapat sejumlah proyek pembangunan di IKN yang diharapkan dapat diimplementasikan dalam jangka panjang.

Beliau menyatakan bahwa Balai Besar K3 Samarinda harus siap menjadi garda terdepan untuk memastikan fasilitasi dan keselamatan pekerja yang terlibat dalam proyek-proyek pembangunan IKN. Selain itu, balai ini harus mampu menjawab tantangan untuk memperluas cakupan pengujian K3 dari pengembangan yang lebih besar yang nantinya akan dilakukan di Kalimantan Timur dengan adanya IKN.





Scroll to Top