Jakarta - 22 berita ekonomi yang terbit pada Jumat (3/5) masih menarik untuk dibaca hari ini dan Sabtu. Isu adopsi badan usaha milik negara, pelaporan SPT, keuntungan dari penjualan obligasi pemerintah, perpanjangan izin pertambangan PT Vale, dan peningkatan likuiditas ekonomi dalam negeri atau peredaran keuangan

Berikut rangkuman beritanya:

Pendaftaran rekrutmen badan usaha milik negara dibuka mulai besok

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Forum Sumber Daya Manusia Indonesia (FHCI) akan memulai pendaftaran rekrutmen badan usaha milik negara (RBB) mulai tahun 2024-3-23 atau hari ini.

Deputi Bidang sumber daya manusia, teknologi dan informasi Kementerian BUMN Teddy Bhatara mengatakan, RBB telah digelar beberapa kali dalam 3 tahun dan mendapat tanggapan yang luar biasa.

Menteri Keuangan mencatat pelaporan SPT tahun 2023 meningkat 7,7% dari SPT tahun 2022

Menteri Keuangan Sri Mulyani mencatat pelaporan SPT tahunan wajib pajak orang pribadi tahun pajak 2023 meningkat dibandingkan tahun pajak 2022.

Menteri Keuangan merinci hingga Kamis (21/3) malam, baik SPT wajib pajak orang pribadi yang masuk data Direktorat Perpajakan, atau kenaikan tahun 2023 atau SPT sebesar 7,7% dibandingkan hari yang sama.

Pemerintah menyerap Rp2, 47 triliun dari lelang pembelian kembali tenaga surya.

Pemerintah menyerap Rp2. 47/21, dari lelang pembelian kembali tenaga surya dengan debt switching, menggunakan fasilitas platform perdagangan Treasury Trading System (Mofids) 3 triliun.

Dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta pada hari Jumat, Direktorat Jenderal Pengelolaan Risiko Pembiayaan (DJPPR) Kementerian Keuangan mengungkapkan jumlah penawaran yang diajukan peserta lelang sebesar Rp4, 43 triliun.

Jumlah seri yang ditawarkan oleh penawar adalah dari 14 seri menjadi 13 seri obligasi pemerintah yang ditawarkan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan proses perpanjangan kontrak kerja (KK) Pt Vale Indonesia menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) telah selesai dan kontrak telah diperpanjang selama 20 tahun.

" Sekitar (20 tahun). Mind ID adalah yang terbesar di luar sana," kata Alifin Taslif dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral DKI Jakarta, Jumat.

BI: Likuiditas ekonomi meningkat 5,3% menjadi Rp8. 739,6 triliun

Bank Indonesia (BI) melaporkan likuiditas ekonomi atau money supply (M2) dalam arti luas pada tahun 2024/2 meningkat 5,3% year-on-year hingga mencapai Rp8.739,6 triliun

.

" Posisi 2024/2 M2 tercatat sebesar Rp8. 739,6 triliun atau tumbuh 5,3% (yoy), relatif stabil dibandingkan dengan pertumbuhan 5,4% (yoy) bulan sebelumnya," kata Erwin Haryono, kepala departemen komunikasi bi, di Jakarta, Jumat.