Jakarta - Kantor Berita melaporkan berbagai peristiwa politik selama sepekan terakhir, mulai dari keputusan KPU Indonesia tentang hasil Pemilu 2024 hingga pertemuan calon presiden Prabowo Subianto dengan tokoh dari kubu rivalnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Berikut adalah ringkasan berita-berita politik minggu ini.

1. KPU RI tetapkan Prabowo Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2024-2029

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia telah menetapkan Prabowo Subianto Gibran Rakabumin Raka sebagai pasangan calon terpilih. Ketua KPU Hasyim Asyari menyatakan pada Rabu (20/3) malam di gedung KPU di Jakarta bahwa "hasil pemilihan umum nasional sebagaimana dimaksud dalam pernyataan pertama hingga kelima diputuskan pada pukul 22:18:19 WIB, Rabu 20 Maret 2024."

Bacaan lebih lanjut.


2. Prabowo berterima kasih kepada KPU karena secara resmi memenangkan pemilu

Calon presiden Indonesia Prabowo Subianto berterima kasih kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), dan jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU). Bawaslu), dan jajaran penyelenggara pemilihan umum, mulai dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). "Saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran penyelenggara pemilu, dalam hal ini KPU dan seluruh jajaran KPU Provinsi, KPU Kabupaten, PPK, KPPS, dan seluruh PPLN yang ada di 128 negara," ujar Prabowo pada Rabu (20/3) di kediamannya di Jakarta Selatan. Hal tersebut disampaikannya saat menyampaikan pidato kemenangan di kediamannya di kawasan Kartanegara IV.

Baca selengkapnya. 3. KPU RI siap hadapi sengketa hasil Pemilu 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK)

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asyari, mengatakan pihaknya siap menghadapi sengketa hasil Pemilu 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). atau siap menghadapi sengketa terkait perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU), katanya. "Kami juga harus siap dengan segala macam sengketa yang mungkin diajukan ke MK sebagai bentuk tanggung jawab KPU dalam menyelenggarakan Pemilu 2024," kata Hasyim di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (20/3) malam.

Baca selengkapnya.


Dalam pertemuan dengan Surya Paloh, Prabowo mengatakan rakyat ingin para pemimpin rukun

Calon presiden Prabowo Subianto mengatakan rakyat ingin agar para elit politik dan pemimpin Indonesia kembali rukun setelah Pemilu 2024. Dia menyatakan bahwa rakyat ingin melihat para elit politik dan pemimpin negara akur.

Pada hari Jumat (22/3), setelah bertemu dengan Ketua Partai Nasdem Surya Paloh di Menara Nasdem di Jakarta, Prabowo mengatakan bahwa dia ingin negara Indonesia diartikan sebagai negara yang telah berkembang menjadi negara yang matang dengan sistem demokrasi.

"Unsur kerja sama antar pemimpin sangat penting dan saya yakin inilah yang diinginkan rakyat," kata Prabowo dalam sebuah konferensi pers yang didampingi oleh Surya Paloh.

Baca selengkapnya.


5. Wakil Ketua DPR Jelindra klaim mayoritassudah menjauhdari hak angket

Wakil Ketua DPR Jelindra Jelantik mengatakan bahwa mayoritas anggota DPR RI sudah menjauhdari wacana hak angket Pemilu 2024 yang mengemuka di DPR. 57 menjauh, aliasmengaku sudah move on."Jadi mereka pindah ke

tapi
kita tidak tahu