Bandung Barat - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat bersama tim SAR gabungan tengah fokus melakukan pencarian terhadap 10 warga yang hilang akibat bencana tanah longsor yang menimpa Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Bandung Barat. Juru bicara BPBD Provinsi Jawa Barat Hadi Rahmat mengatakan bahwa pihaknya segera menghubungi tim SAR gabungan setelah menerima laporan bahwa 10 warga hilang dalam bencana longsor yang terjadi pada pukul 23.00 hari Minggu (24/3). "Situasi saat ini difokuskan pada pencarian oleh tim SAR gabungan untuk menemukan korban yang masih hilang di daerah yang terkena longsor," kata Hadi di Bandung Barat, Senin.

Wilayah yang terkena longsor cukup luas, sehingga menyulitkan tim SAR gabungan untuk menemukan korban di daerah tersebut, katanya. "Area yang terdampak juga cukup luas, sekitar satu hektar di pemukiman penduduk, sehingga pencarian menjadi fokus utama kami," katanya.

Bapak Hadi lebih lanjut menyatakan bahwa BPBD Jabar telah mendirikan posko darurat di halaman SDN Padakati dan berkomitmen untuk menanggapi keadaan darurat. Selain itu, dapur umum juga akan beroperasi bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat.



"Kebutuhan mendesak saat ini adalah bahan makanan, selimut, dan kasur," kata Hadi.

Data sementara dari kejadian tersebut, lanjutnya, terdapat 10 rumah rusak berat akibat tertimbun material longsor dan satu rumah terancam roboh. Hasil kaji cepat sementara BPBD Kabupaten Bandung Barat mencatat sebanyak 99 kepala keluarga terdampak. 2 warga mengalami luka-luka dan saat ini sedang dirawat di puskesmas setempat, sedangkan 189 warga mengungsi sementara di SDN Padakati Kecamatan Cipongkor dan Gor Desa Cibenda. BPBD Jabar mengimbau kepada masyarakat, terutama yang tinggal di daerah perbukitan dan dekat tebing, untuk selalu waspada, terutama saat curah hujan tinggi lebih dari satu jam.

Warga yang tinggal di sekitar lokasi bencana tanah longsor diharapkan mengungsi sementara waktu ke tempat yang lebih aman untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya tanah longsor susulan.