JAKARTA - Tim nasional Indonesia akan melawan Vietnam pada laga keempat Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (23/10) pukul 19.00 WIB. Vietnam bukanlah negara yang asing bagi Indonesia

.

Vietnam dan Indonesia diperkirakan akan memperebutkan posisi kedua di klasemen akhir Grup F untuk lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Menjelang pertandingan, tentu saja para petinggi sepak bola tanah air berharap tim asuhan Shin Tae Yong mengamankan satu poin dari Vietnam.

Tim nasional Garuda, yang berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis lalu, akan menghadapi tim asuhan Philippe Troussier.



Kekalahan beruntun tim Garuda di Hanoi terhenti

Tim nasional Indonesia mengunjungi Vietnam di Stadion My Dinh Hanoi, di mana tim Garuda terakhir kali berkunjung ke lokasi tersebut pada awal tahun 2023.

Pada kunjungan terakhir mereka ke Hanoi, Indonesia kalah dengan skor 0-2 dan gagal melaju ke putaran final Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan dalam lawatannya ke Vietnam selama hampir dua dekade terakhir.

Terakhir kali tim Merah Putih menang di Hanoi adalah pada 11 Desember 2004, pada babak penyisihan grup Piala Tiger 2004 (kemudian menjadi Piala AFF).

Meskipun menjadi tim tamu, tim Indonesia, yang saat itu dipimpin oleh pelatih asal Inggris, Peter White, meraih kemenangan meyakinkan 3-0 berkat gol-gol dari Mohammad Maury Lessie, Boaz Sorossa, dan Ilham Jaya Kesma.

Sebelum pertandingan, tim Indonesia tidak dalam kondisi terbaiknya karena beberapa pemain harus absen karena cedera, sakit atau akumulasi kartu kuning.

Beberapa pemain kunci seperti Sandy Walsh, Pratama Arhan dan Ivar Jenner akan absen, namun dengan hadirnya Tom Hay dan Ragnar Oratmangöen, Indonesia akan memiliki kekuatan tambahan.
Meskipun tidak akan tampil dengan skuad terbaik, Indonesia secara konsisten mengungguli Vietnam dalam dua pertemuan terakhir mereka, menang dengan skor tipis 1-0.

Dalam empat pertemuan terakhir kedua tim di My Dinh, Indonesia hanya mampu meraih dua kali hasil imbang dan dipaksa menelan dua kali kekalahan dari tuan rumah.





Berikutnya