JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa cuaca hujan akan turun di sebagian besar wilayah Indonesia pada hari Senin.

Berdasarkan keterangan resmi yang dimuat dalam laman BMKG di Jakarta, Senin, BMKG mengimbau masyarakat di Bengkulu, Jambi, Jakarta, Surabaya, dan Banjarmasin untuk mewaspadai potensi hujan disertai petir pada sore hari ini.

Kemudian, BMKG memprakirakan hujan dengan intensitas sedang akan turun di Medan dan Yogyakarta, dengan suhu berkisar antara 23-33°C dan kelembaban antara 60-95%.

Di Indonesia, hujan ringan diperkirakan akan terjadi di banyak wilayah, termasuk Banda Aceh, Pekanbaru, Palembang, Pangkalpinang, Tanjungpinang, Banda Lampung, Selang, Bandung, Palangkaraya, Kendari, Gorontalo, Manado, Mataram, Ambon, Ternate, dan Manokwari.

Namun, BMKG memprediksi bahwa beberapa daerah tidak akan menerima curah hujan, seperti Semarang, Denpasar, Mamuju dan Makassar, di mana cuaca diperkirakan berawan.

Beberapa daerah kemudian diperkirakan akan berawan, seperti Padang, Samarinda, Tarakan, Kupang dan Jayapura.

BMKG telah memperingatkan masyarakat akan kemungkinan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai guntur dan angin kencang di beberapa wilayah di provinsi Sumatera Utara dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal ini disebabkan oleh Madden-Julian Oscillation (MJO) yang terpantau aktif di wilayah Indonesia dan kemudian tidak aktif hingga akhir April 2024.

Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi NTB Cakra Mahasurya mengatakan, "Aktifnya MJO ini berkaitan dengan kemungkinan peningkatan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia, termasuk wilayah NTB."