JAKARTA - Indonesia menargetkan transaksi kendaraan listrik (EV) hingga Rp 400 miliar pada Perikulindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 30 April hingga 5 Mei mendatang, kata seorang pakar otomotif pada hari Senin (22/4). "Kami memperkirakan transaksi akan mencapai R400 miliar karena banyak merek baru yang akan menawarkan lebih banyak pilihan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini akan merangsang keingintahuan para pengunjung," kata Moeldoko, Presiden Gabungan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo). Menurut Moeldoko, PEVS 2024 akan menampilkan setidaknya 82 peserta pameran dari berbagai negara, yang terdiri dari berbagai merek kendaraan listrik, baik sepeda motor maupun mobil.

Moeldoko berharap PEVS 2024 dapat mendongkrak penjualan motor listrik yang belum maksimal meskipun pemerintah telah memberikan subsidi untuk kendaraan listrik roda dua.

"Pameran ini akan memperluas edukasi mengenai kendaraan listrik dan pada saat yang sama menutup kesenjangan pemahaman masyarakat mengenai teknologi ini," katanya.

Indonesia sedang berupaya untuk mendorong transisi ke penggunaan kendaraan listrik sebagai bagian dari upaya untuk beralih ke energi yang lebih ramah lingkungan.