JAKARTA - Wakil Presiden Indonesia Maruf Amin akan menerima kunjungan calon wakil presiden Jibran Rakhabmin Raka di kediaman resminya di Jakarta pada Rabu sore. Juru Bicara Wakil Presiden Masuduki Baidlowi mengatakan kepada wartawan di Jakarta, Rabu, bahwa "insya Allah nanti sore".

Dilaporkan juga bahwa pertemuan tersebut dijadwalkan sekitar pukul 15:00 atau 16:00. Pertemuan tersebut dimaksudkan sebagai pertemuan persahabatan antara Jibran, yang telah terpilih sebagai Wakil Presiden, dan Wakil Presiden Maruf, yang masih menjabat. "Tentu saja sebagai calon Wakil Presiden terpilih, kami ingin bersilaturahmi dan bertukar pikiran, ide, dan terutama pengalaman. Hal ini dikarenakan Wakil Presiden Kiay Maluf telah menjadi Wakil Presiden selama lima tahun, sementara calon Wakil Presiden terpilih Gibran baru menjabat pada bulan Oktober. "Saya pikir pertemuan ini penting," kata Masuduki.

Sebelumnya, Wakil Presiden Maruf Amin juga telah mengatakan bahwa ia akan segera bertemu dengan Jibran Rakhabmin Raka, salah satu kandidat untuk pemilihan presiden 2024.

"Saya rasa saya pasti akan bertemu dengan Wakil Presiden yang baru. Saya tidak tahu apakah hari ini atau besok, tapi mungkin kami akan bertemu," kata wakil presiden setelah menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana di Bandung, Jawa Barat, pada hari Rabu.

Maruf mengatakan bahwa jika pertemuan dengan Gibran terjadi, dia akan memberitahukannya tentang tugas-tugas wakil presiden. "Tentu saja ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh Wakil Presiden, tapi saya akan sampaikan kepada beliau. Wakil presiden membantu presiden dan melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya oleh presiden," kata Malauf. Menurut Wapres, tugas-tugas yang akan dijalankan di Pemerintahan Joko Widodo dan Gjibran di pemerintahan selanjutnya mungkin berbeda. Oleh karena itu, koordinasi sangat diperlukan.